PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DI RUMAH SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada Orang Tua dalam Mengendalikan Emosi di Kelurahan Semper Barat Kecamatan Cilincing Kota Jakarta Utara)

Stiyawati, Novia Rheka (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DI RUMAH SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada Orang Tua dalam Mengendalikan Emosi di Kelurahan Semper Barat Kecamatan Cilincing Kota Jakarta Utara). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Novia Rheka Stiyawati_172103012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK NOVIA RHEKA STIYAWATI. 2021. PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DI RUMAH SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MASA PANDEMI COVID19. (STUDI KASUS PADA ORANG TUA DALAM MENGENDALIKAN EMOSI DI KELURAHAN SEMPER BARAT KECAMATAN CILINCING KOTA JAKARTA UTARA. Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan pada instansi pendidikan, yang awalnya pembelajaran dilakukan di sekolah menjadi di rumah. Pada situasi seperti ini anak memerlukan dampingan dari orang tuanya, terutama untuk usia sekolah (6-12 tahun). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah dan mengetahui upaya pengendalian emosi orang tua. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Adapun jenis pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) anak usia sekolah dasar (6-12 tahun) memerlukan pendampingan dari orang tua. Adapun peran pendampingan yang diterapkan oleh orang tua kepada anak seperti, memantau dan mengawasi anak belajar, membimbing, memberikan motivasi positif, mengecek tugas-tugasnya, serta membantu ketika anak mengalami kendala dalam belajar. Selama mendampingi anak belajar di rumah orang tua mampu untuk mengendalikan emosinya, dengan cara; menyadari & memahami kemampuan belajar anak, beradaptasi dengan proses pembelajaran anak, melakukan diskusi bersama anak, dan berusaha untuk berkomunikasi rutin dengan guru disekolah. Simpulannya bahwa peran orang tua selama mendampingi anak belajar dirumah ternyata kurang optimal yang disebabkan oleh adanya berbagai permasalahan yang di rasakan banyak orang tua. Oleh sebab itu, mereka berusaha untuk melakukan upaya pengendalian emosi. Kata Kunci : Covid-19, Pembelajaran, Pendampingan, Pengendalian, Emosi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 31 May 2022 03:48
Last Modified: 31 May 2022 03:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5825

Actions (login required)

View Item View Item