RUSYDAN, SABIT (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
SKRIPSI SABIT RUSYDAN (162191023).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK SABIT RUSYDAN. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Role Playing. Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar passing atas bola voli kurang dari kriteria ketuntasan minimal. Dengan tujuan penelitian untuk memperoleh informasi tentang peningkatan passing atas bola voli dengan menggunakan model pembelajaran role playing (bermain peran) pada siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Sasaran penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli pada siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya yang berjumlah 32 siswa. Data yang diperoleh adalah data hasil belajar meliputi aspek kognitif dan aspek psikomotor. Dengan memperhatikan hasil evaluasi pada siklus I yaitu jumlah siswa tuntas 19 orang (59,38%) belum mencapai ketuntasan klasikal yang menjadi target peneliti yaitu 85%. Oleh karena itu, peneliti melanjutkan ke siklus II. Dengan memperhatikan hasil evaluasi pada siklus II yaitu jumlah siswa tuntas 29 orang (90,63%) sudah mencapai ketuntasan 85%. Sehingga dapat menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli. Kata kunci : Bermain Peran, Model, Passing Atas Bola Voli
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 06:04 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 06:04 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5619 |
Actions (login required)
View Item |