Amiruddin, Amiruddin (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL SAINS INTERAKTIF TERINTEGRASI MODERASI BERAGAMA (E-SIMBA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI KEMAGNETAN. Masters thesis, Universitas Siliwangi.
01. Halaman Judul.pdf
Download (218kB)
02. Halaman Pengesahan.pdf
Download (397kB)
03. Pernyataan Keaslian.pdf
Download (270kB)
04. Abstrak.pdf
Download (303kB)
05. Kata Pengantar.pdf
Download (309kB)
06. Daftar Isi.pdf
Download (253kB)
07. Daftar Tabel.pdf
Download (254kB)
08. Daftar Gambar.pdf
Download (251kB)
09. Daftar Lampiran.pdf
Download (184kB)
10. Bab 1.pdf
Download (404kB)
11. Bab 2.pdf
Download (1MB)
12. Bab 3.pdf
Download (491kB)
13. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
14. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (310kB)
15. Daftar Pustaka.pdf
Download (380kB)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
17. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (301kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul sains interaktif terintegrasi nilai moderasi beragama (E-SIMBA) pada materi kemagnetan serta mengkaji validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik. Menggunakan model ADDIE dalam pendekatan R&D, penelitian dilakukan pada siswa kelas IX MTsN 11 Tasikmalaya. Validitas dan praktikalitas E-SIMBA diukur menggunakan angket dengan skala likert. Validitas E-SIMBA dinilai oleh ahli materi, media, dan moderasi beragama menggunakan instrumen skala likert dengan hasil sangat valid (94,26%; 89,35%; 92,5%). Kepraktisan diuji oleh guru dan peserta didik dengan hasil sangat praktis (92,13% dan 89%). Efektivitas diukur melalui desain pra-eksperimen one group pretest posttest, dianalisis menggunakan N-Gain, paired t-test, dan effect size. Hasil uji menunjukkan peningkatan signifikan keterampilan argumentasi ilmiah (p = 0,000 < 0,05) dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,7689 (kategori tinggi) dan effect size sebesar 5,721 (pengaruh sangat besar). E-SIMBA terbukti layak dan efektif sebagai bahan ajar serta media pembelajaran sains yang mendukung penguatan keterampilan argumentasi ilmiah sekaligus menanamkan nilai-nilai moderasi beragama dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: e-modul sains interaktif, moderasi beragama, argumentasi ilmiah
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > S2 Pendidikan IPA |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 08:25 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 08:25 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/554 |
