PENGEMBANGAN E-MODUL SAINS INTERAKTIF TERINTEGRASI MODERASI BERAGAMA (E-SIMBA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI KEMAGNETAN

Amiruddin, Amiruddin (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL SAINS INTERAKTIF TERINTEGRASI MODERASI BERAGAMA (E-SIMBA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI KEMAGNETAN. Masters thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01. Halaman Judul.pdf] Text
01. Halaman Judul.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 02. Halaman Pengesahan.pdf] Text
02. Halaman Pengesahan.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of 03. Pernyataan Keaslian.pdf] Text
03. Pernyataan Keaslian.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 04. Abstrak.pdf] Text
04. Abstrak.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of 05. Kata Pengantar.pdf] Text
05. Kata Pengantar.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 06. Daftar Isi.pdf] Text
06. Daftar Isi.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 07. Daftar Tabel.pdf] Text
07. Daftar Tabel.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 08. Daftar Gambar.pdf] Text
08. Daftar Gambar.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 09. Daftar Lampiran.pdf] Text
09. Daftar Lampiran.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 10. Bab 1.pdf] Text
10. Bab 1.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of 11. Bab 2.pdf] Text
11. Bab 2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 12. Bab 3.pdf] Text
12. Bab 3.pdf

Download (491kB)
[thumbnail of 13. Bab 4.pdf] Text
13. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 14. Bab 5.pdf] Text
14. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[thumbnail of 15. Daftar Pustaka.pdf] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 16. Lampiran.pdf] Text
16. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 17. Daftar Riwayat Hidup.pdf] Text
17. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul sains interaktif terintegrasi nilai moderasi beragama (E-SIMBA) pada materi kemagnetan serta mengkaji validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik. Menggunakan model ADDIE dalam pendekatan R&D, penelitian dilakukan pada siswa kelas IX MTsN 11 Tasikmalaya. Validitas dan praktikalitas E-SIMBA diukur menggunakan angket dengan skala likert. Validitas E-SIMBA dinilai oleh ahli materi, media, dan moderasi beragama menggunakan instrumen skala likert dengan hasil sangat valid (94,26%; 89,35%; 92,5%). Kepraktisan diuji oleh guru dan peserta didik dengan hasil sangat praktis (92,13% dan 89%). Efektivitas diukur melalui desain pra-eksperimen one group pretest posttest, dianalisis menggunakan N-Gain, paired t-test, dan effect size. Hasil uji menunjukkan peningkatan signifikan keterampilan argumentasi ilmiah (p = 0,000 < 0,05) dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,7689 (kategori tinggi) dan effect size sebesar 5,721 (pengaruh sangat besar). E-SIMBA terbukti layak dan efektif sebagai bahan ajar serta media pembelajaran sains yang mendukung penguatan keterampilan argumentasi ilmiah sekaligus menanamkan nilai-nilai moderasi beragama dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: e-modul sains interaktif, moderasi beragama, argumentasi ilmiah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan IPA
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 30 Oct 2025 08:25
Last Modified: 30 Oct 2025 08:25
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/554

Actions (login required)

View Item
View Item