PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI (Survey pada Siswa SMK Arrohmah Dadaha Kota Tasikmalaya)

ROBI, ROBI (2019) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI (Survey pada Siswa SMK Arrohmah Dadaha Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI ROBI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ROBI. NPM 152165142 (2019). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi (Survey Pada Siswa SMK Arrohmah Dadaha Kota Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Dibawah bimbingan : Drs. Suhendra M.Pd, dan Astri Srigustini, S.Pd., M.Pd. Masalah dalam penelitian terkait rendahnya minat melanjutkan ke perguruan tinggi siswa-siswi SMK Arrohmah Dadaha Kota Tasikmalaya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi secara parsial dan simultan. Metode dalam penelitian ini adalah metode survey dengan desain penelitian explanatory. Populasi penelitian sebanyak 172 siswa-siswi, dengan sampel sebanyak 172 dengan metode sample jenuh. Analisis pengolahan data menggunakan uji prasyarat analisis, analisis statistik dan uji hipotesis. Hasil pengolahan data yaitu uji regresi linier berganda diperoleh persamaan Y=41,032+0,143X1+0,045X2 yang berarti status sosial ekonomi keluarga dan prestasi belajar memiliki pengaruh positif terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi sehingga setiap kenaikan status sosial ekonomi keluarga dan prestasi akan meningkatkan minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Hasil penelitian menunjukan 1) terdapat pengaruh signifikan status sosial ekonomi keluarga (X1) terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi (Y) sebesar 14,3% secara parsial pada siswa SMK Arrohmah Dadaha Kota Tasikmalaya. Hal ini ditunjukan dengan nilai t hitung sebesar 2,396 dengan sig. 0,000 dan koefisien regresi b1 sebesar 0,143. 2) tidak terdapat pengaruh signifikan prestasi belajar (X1) terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi (Y) pada siswa SMK Arrohmah Dadaha Kota Tasikmalaya sebesar 4,5% secara parsial. Hal ini ditunjukan dengan nilai t hitung sebesar 1,114 dengan nilai Sig. 0,267 dan koefisien regresi b2 sebesar 0,045, 3) terdapat pengaruh signifikan status sosial ekonomi keluarga (X1) dan prestasi belajar (X2) terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi (Y) secara simultan pada siswa-siswi SMK Arrohmah Dadaha Kota Tasikmalaya sebesar 17,7% secara simultan. Hal ini ditunjukan dengan nilai F hitung sebesar 17,733 dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000. Kata Kunci : Status, Sosial, Ekonomi, Prestasi, Minat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:22
Last Modified: 05 Apr 2022 04:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5330

Actions (login required)

View Item View Item