ANGGARI, RISMA SRI (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM KURSUS KOMPUTER BERBASIS KOMPETENSI PADA WARGA BELAJAR KELAS REGULAR DAN NON REGULAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (Studi Kasus Pada Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills) di PKBM Al�Istiqamah Kecamatan Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (17kB) |
|
Text
ABSTRAK RISMA SKRIPSI HARD COVER.pdf Download (12kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN PDF.pdf Download (117kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI FIX BGT.pdf Download (91kB) |
|
Text
BAB 1 SKRIPSI MAE.pdf Download (130kB) |
|
Text
BAB 2 SKRIPSI MAE.pdf Download (281kB) |
|
Text
BAB 3 SKRIPSI MAE.pdf Download (214kB) |
|
Text
BAB 4 SKRIPSI MAE.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
|
Text
BAB 5 SKRIPSI MAE.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
Abstract
ABSTRAK RISMA, 2020. IMPLEMENTASI PROGRAM KURSUS KOMPUTER BERBASIS KOMPETENSI PADA WARGA BELAJAR KELAS REGULER DAN NON REGULER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (Studi Kasus pada Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills) di PKBM Al-Istiqamah) Latar belakang penelitian didasari oleh rumusan masalah yaitu bagaimana implementasi program kursus komputer dan bagaimana pembelajarannya sehingga warga belajar memiliki kompetensi yang memadai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan program kursus komputer dan memperoleh data mengenai kompetensi yang memadai pada warga belajar paket c terhadap motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teori analisis data didasari model Miles and Huberman yaitu tahapan pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan verifikasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, studi dokumentasi, dan wawancara. hasil penelitian mengenai program kursus komputer di PKBM Al-Istiqamah terdapat dua kelas khusus yaitu kelas non regular mempelajari Microsoft office dan kelas regular mengikuti pelatihan desain grafis dan pembuatan sablon. Kompetensi yang digunakan mampu menciptakan lulusan yang unggul di bidang komputer, kompetetif dalam mengoperasikan microsoft office, dan terampil sesuai keahlian sehingga ada beberapa lulusan yang berhasil menciptakan keterampilan kerja melalui wirausaha di bidang desain grafis dan sablon. Pada pelaksanaan program kursus komputer ini menjadikan warga belajar paket c kelas non regular tekun belajar, ulet dalam praktiknya, dan tepat waktu dalam mengikuti program kursus. namun sikap semangat belajar yang di dapat tersebut hanya saat menjelang persiapan ujian nasional berbasis komputer saja. diluar itu sikap semangat belajar tidak stabil karena dalam mengikuti program kursus ini bagi warga belajar paket c kelas non regular tidak dipungut biaya sehingga mengabaikan kehadiran dan sebagian besar tujuan mengikuti kursus hanya untuk mendapatkan sertifikat keahlian saja. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat motivasi belajar pada warga belajar paket c kelas non regular lebih rendah di banding kelas regular. Kata Kunci: Motivasi, Program, Kursus, Komputer, Kompetensi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 04 Apr 2022 03:28 |
Last Modified: | 04 Apr 2022 03:28 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5306 |
Actions (login required)
View Item |