Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Generik Sains Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Sub Konsep Pencemaran Lingkungan (Studi Eksperimen di Kelas X MIA MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Nurfitri, Nurfitri (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Generik Sains Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Sub Konsep Pencemaran Lingkungan (Studi Eksperimen di Kelas X MIA MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
0. NURFITRI KATA PENGANTAR.pdf

Download (352kB)
[img] Text
0. NURFITRI LEMBAR PENGESAHAN skripsi.pdf

Download (8kB)
[img] Text
0. NURFITRI PERNYATAAN & ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
1. NURFITRI BAB 1.pdf

Download (139kB)
[img] Text
2. NURFITRI BAB II.pdf

Download (499kB)
[img] Text
3. NURFITRI BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. NURFITRI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)
[img] Text
5. NURFITRI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
6. NURFITRI DAFTAR FUSTAKA.pdf

Download (234kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarn guided inquiry terhadap keterampilan generik sains dan hasil belajar peserta didik pada sub konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2019 di MAN 3 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA MAN 3 Tasikmalaya sebanyak 6 kelas yang terdiri dari 190 peserta didik dan sampel yang digunakan 2 kelas diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yakni kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction. Teknik pengumpulan data berupa soal uraian untuk keterampilan generik sains berjumlah 12 soal dan soal multiple choice untuk hasil belajar peserta didik berjumlah 30 soal yang dilakukam sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA (Analysis of covariance) dengan taraf signifikan (α) = 0,05. Hasil penelitian nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Kesimpulan hipotesis yang didapat adalah tolak Ho. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap keterampilan generik sains dan hasil belajar peserta didik pada sub konsep pencemaran lingkungan. Kata Kunci: model pembelajaran guided inquiry, keterampilan generik sains, hasil belajar, dan pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 29 Mar 2022 02:32
Last Modified: 31 Mar 2022 06:55
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5216

Actions (login required)

View Item View Item