MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 CIAWI SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SUMIATI, TETI (2019) MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 CIAWI SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
(HC) Cover for hardc.pdf

Download (95kB)
[img] Text
(HC) SKRIPSI FULL TANPA COVER i-148.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media merupakan unsur yang penting dalam pembelajaran, media mampu membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan menarik. Sehingga penggunaannya mampu menstimulus minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran. Salah satu media yang dapat menarik minat belajar siswa terhadap pembelajaran adalah media film yang merupakan media berbasis audio visual. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan media film dalam pembelajaran sejarah pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Ciawi, Hambatan yang dihadapi dalam penggunaan media film pada pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Ciawi, dan Minat belajar siswa yang muncul pada pembelajaran sejarah menggunakan media film pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Ciawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penulis menggunakan metode observasi untuk mengetahui proses penggunaan media film, kuesioner untuk mengetahui kondisi minat belajar siswa yang muncul saat pembelajaran dan wawancara untuk mengetahui hambatan yang dialami siswa dan guru saat pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS SMAN 1 Ciawi, dan kelas XI IPS 1 SMAN 1 Ciawi dipilih sebagai sample dengan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran sejarah dengan menggunakan media film dapat berjalan dengan baik dan efektif meskipun terdapat beberapa hambatan dalam prosesnya, seperti membutuhkan waktu lebih dan kualitas gambar yang kurang jelas, namun hambatan tersebut dapat diatasi dengan baik. Sementara itu minat belajar siswa yang muncul dalam pembelajaran sejarah menggunakan media film pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Ciawi, berada dalam kondisi sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan persentase rata-rata perolehan skor hasil angket siswa di kelas XI IPS 1 mengenai minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah menggunakan media film sebesar 85,5%, dengan rincian sebanyak 26 siswa masuk dalam klasifikasi sangat baik (69,8%) dan 6 siswa masuk dalam klasifikasi baik (15,7%). Hal tersebut memberikan gambaran bahwa penggunaan media film dalam pembelajaran sejarah mampu membuat siswa untuk memiliki minat belajar yang sangat baik terhadap pembelajaran sejarah. Kata Kunci: Minat belajar siswa, pembelajaran sejarah, media film

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 21 Aug 2019 02:26
Last Modified: 21 Aug 2019 02:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item View Item