PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI POKOK PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 8 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019

AGUSTIN, NELI (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI POKOK PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 8 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Neli Full 1- lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write pada mata pelajaran sejarah indonesia materi pokok proklamasi kemerdekaan indonesia dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 8Tasikmalaya semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen berdesain “Non-equivalent control group design”, dilaksanakn pada kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya. Adapun teknik pengambilan sample dengan menggunakan teknik purposive sampling, sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol, dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan catatan lapangan. Metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan test awal dan tes akhir (pretest dan postest). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write di kelas XI MIPA 3 hasil postest hasil belajar siswa diperoleh yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukan perbedaan hasil belajar sebesar 80,18 untuk kelas eksperimen, dan 70,68 untuk kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji (t) , dari perhitungan diatas didapatkan 5,199 > 1,670. Sehingga apabila dimasukan pada rumus hipotesis > , sehingga ditolak dan diterima. Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara kelas XI MIPA 3 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Writen dengan siswa kelas XI MIPA 4 yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sebaiknya dijadikan sebagai satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran sejarah khususnya pada materi pokok proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 21 Aug 2019 02:16
Last Modified: 21 Aug 2019 02:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item