AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS PADA MATERI POKOK PERJUANGAN BANGSA INDONESIA DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DARI ANCAMAN SEKUTU DAN BELANDA DI KELAS XI IPA 2 SMA NEGRI 1 CIHAURBEUTI TAHUN SEMESTER GENAP AJARAN 2018/2019

Ridwannulhakim, Muhammad (2019) AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS PADA MATERI POKOK PERJUANGAN BANGSA INDONESIA DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DARI ANCAMAN SEKUTU DAN BELANDA DI KELAS XI IPA 2 SMA NEGRI 1 CIHAURBEUTI TAHUN SEMESTER GENAP AJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (9kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I dehakim.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB II dehakim.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB III dehakim.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB IV dehakim.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
BAB V dehakim.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa yang muncul dalam pembelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran time token arends pada materi pokok menganalisis strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman sekutu dan Belanda di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Cihaurbeti Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Cihaurbeti sebanyak 180 siswa yang terbagi ke dalam 5 kelas. Sampel dalam penlitian ini adalah kelas XI IPA 2 dengan jumlah 36 siswa. Sampel ini diambil dengan Teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian ini berupa pedoman observasi, wawancara serta catatan lapangan. Teknis analisis data diolah secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa muncul dengan menggunakan model pembalajaran time token arends. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata aktivitas belajar siswa yang muncul menggunakan model pembelajaran time token arends sebesar 75% dan termasuk ke dalam kategori baik. Maka aktivitas belajar siswa muncul dengan menggunakan model pembelajaran time token arends di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Cihaurbeti Tahun Ajaran 2018/2019. Kata kunci: Model pembelajaran, Time Token Arends, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 21 Aug 2019 02:08
Last Modified: 21 Aug 2019 02:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item