RELASI BISNIS DAN POLITIK DALAM PEMILU (Studi Kasus Kemenangan Partai Gerindra pada Pileg 2019 di Kota Tasikmalaya)

HIDAYAT, DURROH TSANIYANY (2021) RELASI BISNIS DAN POLITIK DALAM PEMILU (Studi Kasus Kemenangan Partai Gerindra pada Pileg 2019 di Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (44kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (6kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (288kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (432kB)
[img] Text
bab ii.pdf

Download (466kB)
[img] Text
bab iii.pdf

Download (215kB)
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[img] Text
bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (307kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana relasi bisnis dan politik dalam kemenangan Partai Gerindra Kota Tasikmalaya tahun 2019. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pengusaha besar Kota Tasikmalaya yang memiliki hubungan dengan Partai Gerindra dalam Pemilu Legislatif. Dengan adanya hubungan tersebut Partai Gerindra meraih suara yang signifikan dan memperoleh kursi terbanyak di DPRD Kota Tasikmalaya. Dengan menggunakan teori James Scott mengenai Patron Klien. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik untuk menetapkan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan teknik snowball sampling. Serta teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Kemudian, validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah hubungan patron klien pada Pemilihan Legislatif di Kota Tasikmalaya tahun 2019 yang dinilai sangat berpengaruh kuat dalam memenangkan Partai Gerindra. Pengusaha yang mempunyai kedekatan dengan Ketua Partai Gerindra yaitu Prabowo Subianto dan menjadi penyuplai kebutuhan-kebutuhan untuk kontestasi, keterlibatan kekuatan ekonomi pengusaha secara langsung dan tidak langsung akan menjadi paling untung karena memiliki kekuatan ekonomi yang kuat. Pola relasi tersebut dapat dilihat dengan adanya aktor pengusaha yang berusaha untuk melindungi kepentingannya dengan menjalin relasi individu ataupun informal terhadap aktor politik. Kata Kunci: Patron Klien, Kemenangan, Bisnis, Partai Gerindra

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Mar 2022 02:16
Last Modified: 14 Mar 2022 02:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5067

Actions (login required)

View Item View Item