ANALISIS MANAJEMEN PELAYANAN GIZI PASIEN DI TINJAU DARI ASPEK INPUT (MASUKAN) DAN PROCESS (PROSES) DI INSTALASI GIZI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. CHASBULLAH ABDULMADJID KOTA BEKASI TAHUN 2019

Arifin, Alvi Syaidah (2020) ANALISIS MANAJEMEN PELAYANAN GIZI PASIEN DI TINJAU DARI ASPEK INPUT (MASUKAN) DAN PROCESS (PROSES) DI INSTALASI GIZI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. CHASBULLAH ABDULMADJID KOTA BEKASI TAHUN 2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (213kB)
[img] Text
8. Abstrak.pdf

Download (193kB)
[img] Text
4. Halaman Pengesahan.pdf

Download (373kB)
[img] Text
9. Daftar Isi.pdf

Download (199kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (465kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (369kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (372kB)
[img] Text
15. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB)

Abstract

ABSTRAK ALVI SYAIDAH ARIFIN ANALISIS MANAJEMEN PELAYANAN GIZI PASIEN DITINJAU DARI ASPEK INPUT (MASUKAN) DAN PROCESS (PROSES) DI INSTALASI GIZI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. CHASBULLAH ABDULMADJID KOTA BEKASI TAHUN 2019 Pelayanan gizi adalah pelayanan yang menyediakan makanan bermutu dan sesuai standar kesehatan pasien yang bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan pasien di rumah sakit. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisa manajemen pelayanan gizi di instalasi gizi RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi tahun 2019 dari aspek input meliputi ketenagaan, sarana, biaya dan metode. Kemudian pada tahap proses, yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan telaah dokumen. Jumlah partisipan dalam penelitian ini sebanyak 16 orang yang dipilih berdasarkan prinsip pengambilan sampel jenis kualitatif yaitu kesesuaian dan kecukupan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek input dalam pelayanan makanan pasien belum sesuai dengan PGRS. Perencanaan anggaran belanja dilakukan 1 tahun sebelumnya dan anggaran bersumber dari pemerintah daerah. Sarana dan prasarana cukup lengkap. Metode yang digunakan adalah PGRS dan SPO rumah sakit. Perencanaan mengikuti Rencana Strategis. Organisasi secara struktural berbeda dengan Permenkes No. 56 Tahun 2014. Pemesanan dan pembelian bahan makanan menggunakan sistem lelang. Proses penerimaan bahan makanan dilakukan dengan menyesuaikan pesanan. Pengolahan makanan dilakukan diruang pengolahan dengan pengawasan oleh kepala produksi. Pendistribusian dilakukan dengan cara sentralisasi dan desentralisasi. Pengawasan pelayanan gizi belum terlaksana dengan baik. Saran untuk rumah sakit dan instalasi gizi yaitu mengevaluasi kembali aspek-aspek input dan proses yang belum maksimal dalam kegiatan manajemen instalasi gizi. Kata Kunci : manajemen, masukan, proses, pelayanan, gizi. Kepustakaan : 23 (1988-2018)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 14 Mar 2022 02:15
Last Modified: 14 Mar 2022 02:15
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5060

Actions (login required)

View Item View Item