PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI POKOK PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018/2019

WULANSARI, MEYLINDA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI POKOK PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (95kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (287kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (281kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (627kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan Quizizz pada mata pelajaran sejarah materi pokok proklamasi kemerdekaan Indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPSSMA Negeri 5 Tasikmalaya sebanyak 204 siswa yang terbagi ke dalam 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 siswa dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa, sampel ini diambil dengan Teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar siswa dengan soal pilihan ganda sebanyak 19 butir soal dengan 5 pilihan jawaban. Teknis analisis data dilakukan dengan menggunakan software IBM Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan Quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan Quizizz sebesar 82,50 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah sebesar 72,18. Hasil pengolahan data menggunakan IndependentSamples T Test diperoleh nilai 3.921 > 1.997, nilai probabilitas atau Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa > sehingga diterima dan ditolak. Maka terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Quizizz, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 21 Aug 2019 01:36
Last Modified: 21 Aug 2019 01:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item