PENGGUNAAN METODE CERAMAH BERVARIASI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA POKOK BAHASAN KETELADANAN TOKOH KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS XI IIS 2 MAN 1 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018 / 2019

Ridwan, Hanafiah (2019) PENGGUNAAN METODE CERAMAH BERVARIASI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA POKOK BAHASAN KETELADANAN TOKOH KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS XI IIS 2 MAN 1 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018 / 2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Hanafiah Ridwan Fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB)

Abstract

Kurangnya aktivitas belajar siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung, seperti penurunan konsentrasi belajar, kurang aktifnya siswa di dalam kelas, kurangnya minat, motivasi belajar siswa,permasalahan pribadi siswa dan penggunaan metode belajar yang kurang tepat menjadi dasar dari permasalahan penelitian ini, oleh karena itu, guru harus lebih kreatif dan sesuai dalam menerapkan metode pembelajaran, dan penggunaan metode ceramah bervariasi ini sebagai salah satu cara dalam mengatasi keadaan kelas yang cenderung pasif itu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode ceramah bervariasi pada mata pelajaran Sejarah Indonesia pokok bahasan keteladanan tokoh kemerdekaan di kelas XI IIS 2 MAN 1 Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2018/2019. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan setting naturalistik yang diuraikan dalam bentuk deskriptif kualitatif, penelitian ini adalah penelitian pendidikan, yang melalui beberapa tahap, yaitu tahap pralapangan, pekerjaan lapangan, dan teknik analisis data, dan untuk teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara, untuk teknik analisis data kualitatif ada empat, yang dimulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikkan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebelum menggunakan metode ceramah bervariasi, guru harus terlebih dahulu mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan metode yang akan digunakan supaya proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, penggunaan metode ceramah bervariasi dapat dilakukan dengan melalui beberapa tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi, penggunaan metode ceramah bervariasi juga memiliki tanggapan dan dampak beragam bagi siswa, seperti mereka merasa senang, merasa lebih bersemangat ketika belajar dan semua itu tidak terlepas dari peran guru ketika di kelas, dan untuk dampak yang ditimbulkan akibat proses penggunaan metode ceramah bervariasi, siswa merasa lebih tertarik untuk belajar, meningkatkan motivasi belajar, serta mampu merekonstruksi peristiwa bersejarah dan menerapkan nilainilai yang ada dalam kehidupan sehari-hari, akantetapi metode ceramah ini memiliki kendala baik untuk guru maupun untuk siswa, seperti guru dituntut untuk lebih kreatif, dituntut lebih menguasai materi, harus bisa merekonstruksi materi pembelajaran dengan baik, sedangkan kendala bagi siswa adalah kurangnya literasi, tidak percaya diri dalam berinteraksi di kelas, dan semua hal tersebut bisa diatasi dengan dengan kerjasama yang baik antara siswa dan guru. Kata kunci : Metode Ceramah bervariasi, Mata pelajaran Sejarah Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 21 Aug 2019 01:29
Last Modified: 21 Aug 2019 01:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item View Item