PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI KEHIDUPAN BANGSA INDONESIA PADA ZAMAN PENDUDUKAN JEPANG DI KELAS XI IPS 6 SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018/2019

AMALIA, FITRI (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI KEHIDUPAN BANGSA INDONESIA PADA ZAMAN PENDUDUKAN JEPANG DI KELAS XI IPS 6 SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (279kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB IV (Autosaved).pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode penelitian Quasi Experimental Design, dengan bentuk desain yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design,yang bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran mengenai proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning di kelas XI IPS 6 SMA Negeri 5 Tasikmalaya, (2) mengetahui mengenai peningkatan dari hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning di kelas XI IPS 6 SMA Negeri 5 Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari sebanyak 26 soal yang berbentuk pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban dan siswa yang diuji berjumlah 36 siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan bantuan menggunakan program SPSS 16,0. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji n-gain. Data dianalisis dengan menggunakan rumus siginifikasi dan dalam uji hipotesis menggunakan uji T-Test Independent. Terdapat hasil yang siginifikan pada hasil belajar siswa setelah dilakukan analisis data melalui uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji ngain. Hasil analisis hipotesis dihitung dengan menggunakan uji T-Test Independent, serta nilai didapatkan sebesar 2.126 dan nilai sebesar 1.995, maka dapat hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima yang artinya terdapat pengaruh hasil belajar siswa di kelas XI IPS 6 tersebut setelah digunakannya model pembelajaran Project Based Learning. Kata Kunci : Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 21 Aug 2019 01:28
Last Modified: 21 Aug 2019 01:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/498

Actions (login required)

View Item View Item