PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PERADABAN AWAL INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 10 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018/2019

PATMAWATI, ANI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PERADABAN AWAL INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 10 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode penelitian Quasi Experimental Design, dengan bentuk desain yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design, yang bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran mengenai proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Experiential Learning di kelas X IPS 1 SMA Negeri 10 Tasikmalaya, (2) mengetahui gambaran mengenai apakah terdapat pengaruh dalam peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Experiential Learning di kelas X IPS 1 SMA Negeri 10 Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar yang populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS SMA Negeri 10 Tasikmalaya yang terbagi kedalam empat kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah 30 siswa, dan kelas X IPS 2 sebagai kelas Kontrol dengan jumlah 31 siswa, dan dengan butir soal yang terdiri dari sebanyak 23 soal yang berbentuk pilihan ganda dengan 5 option. Data yang terkumpul dianalisis dengan bantuan menggunakan program SPSS 16.0. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji n-gain. Data dianalisis dengan menggunakan rumus siginifikasi dan dalam uji hipotesis menggunakan uji T-Test Independent. Terdapat hasil yang siginifikan pada hasil belajar siswa setelah dilakukan analisis data melalui uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji ngain. Hasil analisis hipotesis dihitung dengan menggunakan uji T-Test Independent, serta nilai Thitung didapatkan sebesar 2.162 dan nilai Ttabel sebesar 2.001, maka dapat hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:13
Last Modified: 20 Aug 2019 04:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/482

Actions (login required)

View Item View Item