SUSANTO CANIAGO, AGUS (2019) AKTIVITAS BELAJAR SISWA YANG MUNCUL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE ROLE PLAYING PADA MATERI POKOK PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS XI IPS 1 SMA ISLAM CIPASUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
SKRIPSI AGUS SUSANTO CANIAGO.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sejarah yang muncul dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual tipe role playing pada materi pokok proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas XI IPS 1 SMA Islam Cipasung Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Islam Cipasung sebanyak 146 siswa yang terbagi ke dalam 5 kelas. Sampel dalam penlitian ini adalah kelas XI IPS 1 dengan jumlah 31 siswa. Sampel ini diambil dengan Teknik Pourposive sampling. Instrumen penelitian ini berupa non tes (pembuatan produk), pedoman observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknis analisis data diolah secara kuantitatif melalui penskoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa berada dalam kategori tinggi, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa yang muncul sebesar 68% dan termasuk ke dalam kategori tinggi. Maka aktivitas belajar siswa muncul dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual tipe role playing di kelas XI IPS 1 SMA Islam Cipasung Tahun Ajaran 2018/2019. Kata kunci: Model Pembelajaran kontekstual tipe role playing, Aktivitas Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 04:07 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 04:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/478 |
Actions (login required)
View Item |