NURANI, RIRIS INDAH (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS Tahun Ajaran 2019/2020 MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. kelengkapan.pdf Download (600kB) |
|
Text
02. DRAFT SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
03. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (363kB) |
Abstract
ABSTRAK Riris Indah Nurani, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Kuasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS Tahun Ajaran 2019/2020 MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya) Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi diketahui terdapat permasalahan mengenai hasil belajar peserta didik yang kurang maksimal, hal ini diindikasikan dari peserta didik yang tidak menunjukkan sikap peduli, santun, dan hasil belajar baik, hal tersebut terlihat pada saat pembelajaran berlangsung, peserta didik tidak menunjukkan sikap yang sesuai dengan indikator sikap yang harusnya muncul saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran konvensional setelah perlakuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian nonequivalen control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IIS di MAN 1 Kota Tasikmalaya yaitu sebanyak 177 peserta didik, sedangkan sampel yang digunakan yaitu kelas XI IIS 4 sebagai kelas kontrol sebanyak 35 peserta didik dan kelas XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran discovery learning sebelum dan sesudah perlakuan; 2) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional sebelum dan seudah perlakuan; 3) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional sesudah perlakuan. Dimana dalam hal ini penerapan model pembelajaran discovery learning lebih efektif digunakan di kelas XI IIS MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya dari pada model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Model, Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil, Belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 07:41 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 07:41 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4755 |
Actions (login required)
View Item |