PENDAMPINGAN PEMASARAN USAHA BERBASIS E-COMMERCE (Studi Kasus Program Gema Madani Simpati Bidang Inovasi Pengembangan Klaster Ekonomi Masyarakat Di Kelurahan Mulyasari Kecamatan Tamansari)

RAINA, ERLI ASTRI (2020) PENDAMPINGAN PEMASARAN USAHA BERBASIS E-COMMERCE (Studi Kasus Program Gema Madani Simpati Bidang Inovasi Pengembangan Klaster Ekonomi Masyarakat Di Kelurahan Mulyasari Kecamatan Tamansari). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI DONE ERLI fikksssssssss.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ERLI ASTRI RAINA. 2020. “PENDAMPINGAN PEMASARAN USAHA BERBASIS E-COMMERCE” (Studi Kasus Program Gema Madani Simpati Bidang Inovasi Pengembangan Klaster Ekonomi Masyarakat Di Kelurahan Mulyasari Kecamatan Tamansari). Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Dibimbing ole H. Syaefuddin dan Lesi Oktiwanti. Banyaknya permasalahan yang dirasakan anggota kelompok srikandi dalam melakukan proses pemasaran, sehingga perlu diadakannya seorang pendamping yang dapat membantu dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana proses pendampingan pemasaran usaha berbasis E-Commerce. Teori yang melandasi pada penelitian ini adalah pemberdayaan masyarakat, pendampingan dan E-Commerce. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik Non-Probability Typical Case Purposive Sampling.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pendampingan pemasaran usaha yang berbasis E-Commerce yaitu Pemungkinan dengan menyadarkan masyarakat tentang peluang pemasaran yang harus dilakukan secara online dengan memanfaatkan gadget sebagai alat dalam melakukan pemasaran. Dalam memberikan penguatan fasilitator hanya memfasilitasi ketersediaan waktu dan tempat, selebihnya untuk peningkatan pengetahuan diberikan oleh narasumber tentang optimasi penggunaan gadget, mengenal marketing online dan cara mendaftar di market place (Bukalapak, Tokopedia, Lazada). Perlindungan terhadap anggota kelompok srikandi serta membantu dalam membuat surat perijinan seperti membuat PIRT, Ijin Usaha Mikro Kecil dan label Halal. Penyokongan dengan memberikan motivasi dengan terus membuat inovasi baru produk manisan dan membantu dalam proses pemasaran usaha yang berbasis e-commerce. Pemeliharaan dilakukan dengan diskusi terbuka di group whatsapp dan melakukan focus group discussion yang kegiatannya untuk mereview dan mengevaluasi hasil dari kegiatan yang sudah dilakukan. Kata Kunci :Pendampingan, Pemasaran, E-Commerce

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Feb 2022 01:13
Last Modified: 14 Feb 2022 01:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4630

Actions (login required)

View Item View Item