PERENCANAAN ULANG BALOK GIRDER PADA BENTANG TENGAH JALAN TOLL BORR SEKSI II B MENGGUNAKAN PCU GIRDER

BASTIAN, MUHAMAD (2019) PERENCANAAN ULANG BALOK GIRDER PADA BENTANG TENGAH JALAN TOLL BORR SEKSI II B MENGGUNAKAN PCU GIRDER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
TUGAS AKHIR MUHAMAD BASTIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

PERENCANAAN ULANG BALOK GIRDER PADA BENTANG TENGAH JALAN TOLL BORR SEKSI II B MENGGUNAKAN PCU GIRDER Muhamad Bastian1) , H. Herianto2) , Agus Widodo2) 1,2,3Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Siliwangi e-mail: muhammadbastian0@gmail.com1 Abstrak Perencanaan sebuah konstruksi harus banyak dipertimbangkan dari segi ekonomis, efisien, dan daya tahan dari material yang digunakan untuk sebuah konstruksi. Perkembangan dalam dunia konstruksi memberikan banyak manfaat terutama pada pemilihan jenis gelagar untuk jembatan maupun flyover. Tujuan dari perencanaan ini adalah untuk mengetahui gaya-gaya yang terjadi pada penampang desain dan layak digunakan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Selain itu perencanaan ini juga sebagai bahan pertimbangan dan studi eksperimen dalam mengerjakan tugas akhir. Berdasarkan hasil perencanaan dan pembahasan pada sistem prategang yang digunakan pada balok PCU girder menggunakan sistem Post-tensioning (pasca tarik). Lalu kontrol tegangan yang terjadi pada balok girder baik pada keadaan awal, saat transfer, setelah kehilangan gaya prategang, maupun keadaan akhir tidak melebihi tegangan ijin tekan beton, Dari hasil perhitungan digunakan spesifikasi kabel baja prategang jenis Uncoated 7 wire super strand ASTM A-416 grade 270, dengan menggunakan 8 selubung tendon diameter 84mm, dengan 18 kawat untaian strand berdiameter 6”, Total kehilangan gaya prategang sebesar 14,4 % tidak melebihi kehilangan gaya prategang yang disyaratkan yaitu 20% pada kehilangan gaya prategang untuk pasca tarik. Selanjutnya untuk Pondasi yang digunakan pondasi Bore pile dengan diameter 1,2 m dengan panjang 38 m sebanyak 8 buah tiang, dari hasil perhitungan tersebut bahwa gaya yang terjadi pada tiang tidak melebihi daya dukung ijin pada tiang Bore pile, sehingga pondasi Bore pile dengan 8 tiang memenuhi dan dapat menahan beban dari struktur atas. Kata Kunci : Beton Prategang, Jembatan Flyover, Pondasi Bore pile.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:11
Last Modified: 03 Feb 2022 01:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4367

Actions (login required)

View Item View Item