PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP EFIKASI DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SEL (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAIT Ibnu Siena Ciamis Tahun Ajaran 2019/2020)

LESTARI, ARI YULI (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP EFIKASI DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SEL (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAIT Ibnu Siena Ciamis Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI - ARI YULI LESTARI (152154088).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Ari Yuli Lestari. 2019. Pengaruh Problem Based Learning terhadap Efikasi Diri dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sel (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAIT Ibnu Siena Ciamis Tahun Ajaran 2019/2020) Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh problem based learning terhadap efikasi diri dan hasil belajar peserta didik pada materi sel. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai bulan Juli 2019. Metode penelitian menggunakan true experiment dengan populasi seluruh kelas XI MIPA SMAIT Ibnu Siena Ciamis sebanyak 2 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 40 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil secara sampling jenuh yaitu kelas XI MIPA-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA-1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan majemuk pada sel yang berjumlah 31 soal dan angket efikasi diri berbentuk pernyataan sebanyak 30 butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian pengolahan data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap efikasi diri dan hasil belajar peserta didik pada materi sel di kelas XI SMAIT Ibnu Siena Ciamis Tahun Ajaran 2019/2020. Kata kunci : Problem Based Learning, Efikasi Diri, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:10
Last Modified: 26 Jan 2022 03:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4234

Actions (login required)

View Item View Item