PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA KONSEP PERMASALAHAN LINGKUNGAN DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 3 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2020/2021

ALVIANI, ANNISA NUR (2021) PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA KONSEP PERMASALAHAN LINGKUNGAN DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 3 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2020/2021. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI - ANNISA NUR ALVIANI - A4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan literasi sains peserta didik dalam pembelajaran biologi mengenai konsep permasalahan lingkungan di kelas XI MIPA SMAN 3 Tasikmalaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrument tes kemampuan literasi sains sebanyak 30 butir soal pilihan majemuk mengenai konsep permasalahan lingkungan yang dikerjakan oleh 34 peserta didik kelas XI MIPA 7. Dilakukan pula wawancara bersama guru biologi dan beberapa peserta didik untuk mendapatkan keabsahan data dari soal tes yang sudah dikerjakan. Tes kemampuan literasi sanis mencangkup sembilan indikator. Hasil penelitian menunjukkan dari aspek mengidentifikasi argument saintifik yang tepat 54,41%, menggunakan pencarian literatur yang efektif 68,38%, evaluasi dalam menggunakan informasi saintifik 65,67%, memahami elemem desain penelitian dan bagaimana dampaknya terhadap penemuan saintifik 57,35%, membuat grafik yang dapat merepresentasikan data 58,82%, membaca dan menginterpretasikan data 58,82%, pemecahan masalah dengan menggunakan kemampuan kuantitatif termasuk statistic probabilitas 42,35%, memahami dam mampu mengintrepretasikan statitik dasar 72,8%, menyuguhkan kesimpulan, prediksi berdasarkan data kuantitatif 63,73%. Respon peserta didik terhadap literasi sains pada konsep permasalahan lingkungan pada rata-rata tiap indikatornya memperoleh presentase 60.25% yang berarti berada pada kategori rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan literasi sains peserta didik SMAN 3 Tasikmalaya rendah pada aspek mengidentifikasi argument saintifik yang tepat, memahami elemem desain penelitian dan bagaimana dampaknya terhadap penemuan saintifik, membuat grafik yang dapat merepresentasikan data, membaca dan menginterpretasikan data, dan pemecahan masalah dengan menggunakan kemampuan kuantitatif termasuk statistik probabilitas. Kata kunci: literasi sains, peserta didik, permasalahan lingkungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 25 Jan 2022 06:40
Last Modified: 25 Jan 2022 06:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4221

Actions (login required)

View Item View Item