HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK BERGAYA BELAJAR DIVERGER PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

LESTARI, DEWI (2021) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK BERGAYA BELAJAR DIVERGER PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
LEMBAR JUDUL.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (383kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (958kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB)

Abstract

ABSTRAK DEWI LESTARI. 2021. “Hubungan Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik Bergaya Belajar Diverger Pada Mata Pelajaran Biologi (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)”. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar peserta didik yang gaya belajarnya diverger pada mata pelajaran biologi XI MIPA SMAN 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan sekitar bulan November 2020-Oktober 2021. Metode penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan populasi sebanyak 110 peserta didik kelas XI MIPA. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling untuk mengambil sampel peserta didik kelas XI MIPA yang gaya belajarnya diverger sebanyak 35 orang. Teknik pengambilan datanya menggunakan instrumen berupa angket minat belajar dengan 21 item pernyataan dan angket Gaya Belajar Kolb dengan 22 item pernyataan yang disebar melalui goggle form. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi sederhana Pearson Correlation. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar peserta didik yang gaya belajarnya diverger pada mata pelajaran biologi dengan nilai signifikansi sebesar 0,0001 dan nilai korelasi sebesar 0,641 dengan kategori korelasi kuat. Koefisien determinasinya sebesar 0,411 yang berarti bahwa kontribusi variabel minat belajar terhadap hasil belajar sebesar 41,1%. Kata Kunci: Korelasi; Gaya Belajar Diverger; Minat Belajar; Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:05
Last Modified: 25 Jan 2022 01:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4194

Actions (login required)

View Item View Item