HUBUNGAN SELF DIRECTED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN (Studi Korelasi di Kelas XII MIPA SMA Terpadu Riyadlul ‘Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

NURHAYATI, DIAH (2021) HUBUNGAN SELF DIRECTED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN (Studi Korelasi di Kelas XII MIPA SMA Terpadu Riyadlul ‘Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI DIAH NURHAYATI A4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK DIAH NURHAYATI. 2021. HUBUNGAN SELF DIRECTED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS XII MIPA SMA TERPADU RIYADLUL ‘ULUM KOTA TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2020/2021. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self directed learning dengan hasil belajar peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan kelas XII MIPA SMA Terpadu Riyadlul’ Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII MIPA SMA Terpadu Riyadlul ‘Ulum Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2020/2021, sebanyak 4 kelas, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria kelas yang memiliki nilai rata-rata PTS tertinggi, Sedangkan Sampel yang digunakan adalah kelas XII MIPA A dan XII MIPA B dengan jumlah 56 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket, untuk mengukur variabel self directed learning. Data variabel hasil belajar diperoleh dari guru mata pelajaran biologi berupa hasil dari penilaian tengah semester. Uji hipotesis dengan menggunakan uji korelasi pearson dengan bantuan SPSS 23 for windows. Hasil analisis data menunjukan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self directed learning dengan hasil belajar peserta didik dengan nilai R = 0,854 dan persamaan regresi yang diperoleh Ŷ= -89,540 + 0,823X. Dari nilai tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi variabel self directed learning dengan hasil belajar sebesar 72,9%. Kata kunci: Self directed learning, hasil belajar, materi pertumbuhan dan perkembangan, hubungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:05
Last Modified: 25 Jan 2022 01:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4188

Actions (login required)

View Item View Item