PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME EROPA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DPIB SMK MA’ARIF NU BANJARSARI TAHUN AJARAN 2019/2020

PRAKOSO, RIZKY AGUNG (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME EROPA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DPIB SMK MA’ARIF NU BANJARSARI TAHUN AJARAN 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
162171030 RIZKY AGUNG PRAKOSO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK RIZKY AGUNG PRAKOSO. 2020. PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME EROPA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DPIB SMK MA’ARIF NU BANJARSARI TAHUN AJARAN 2019/2020. Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Hasil observasi di kelas X DPIB SMK Ma’arif NU Banjarsari menunjukan bahwa kurangnya minat belajar siswa. Pada proses pembelajaran siswa menunjukan perasaan tidak senang, tidak memperhatikan guru, tidak tertarik mengikuti pembelajaran dan tidak terlihat aktif dalam poses belajar mengajar. Siswa menganggap sejarah sejarah adalah sesuatu hal yang menyangkut kerajaan dan peristiwa besar sepeti penjajahan Belanda, penjajahan Jepang, masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, sehingga siswa dengan kondisi lingkungan Banjarsari yang minim peninggalan sejarah ataupun peristiwa besar, merasa jauh dengan sejarah dan menganggap bahwa belajar sejarah tidak ada kaitannya dengan kehidupan yang mereka jalani. Guru dinilai kurang cakap dalam manajemen pengelolaan kelas sehingga minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia tidak terlalu baik. Sebagai upaya perbaikan proses pembelajaran di perlukan metode yang dapat mendekatkan siswa kepada sumber belajar yang berasal dari lingkungan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode outdoor learning pada mata pelajaran sejarah Indonesia pokok bahasan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Eropa terhadap minat belajar siswa kelas X DPIB SMK Ma’arif NU Banjarsari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan sampel jenuh yaitu kelas X DPIB SMK Ma’arif NU Banjarsari. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan kuisioner dengan indikator minat belajar siswa. hasil pengolahan data menunjukan bahwa nilai t hitung sebesar 9,976 dengan signifikansi 0,000. Nilai t tabel dari df 9 adalah 2,262, sehingga dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel (9,976 > 2,262) dan nilai signifikansinya kurang dari 0,05 (p = 0,000< 0,05). Berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran outdoor learning berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia di kelas X DPIB SMK Ma’arif NU Banjarsari tahun ajaran 2019/ 2020. Kata Kunci : Minat Belajar Siswa, Metode Outdoor Learning, Pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:33
Last Modified: 24 Jan 2022 06:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4171

Actions (login required)

View Item View Item