PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WIMBA DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

AYUNINGTYAS, RISKA AMELIA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WIMBA DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01.cover skripsi.pdf

Download (49kB)
[img] Text
02.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (12kB)
[img] Text
04.ABSTRAK untuk skripsi.pdf

Download (116kB)
[img] Text
06.DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
08.BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
09.BAB II.pdf

Download (671kB)
[img] Text
10.BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)

Abstract

ABSTRAK RISKA AMELIA AYUNINGTYAS. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Wimba dengan Pendekatan Induktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Jaringan Tumbuhan (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran wimba dengan pendekatan induktif terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik pada materi jaringan tumbuhan (studi eksperimen di kelas XI SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya 2019/2020). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2018 sampai dengan bulan Oktober 2019 di SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental dengan populasi seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya sebanyak 5 kelas dengan jumlah 175 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Intrumen penelitian pada materi jaringan tumbuhan berupa tes hasil belajar berbentuk multiple choice yang berjumlah 34 butir soal, dan untuk berpikir kreatif adalah berupa tes kreatif figural yang berjumlah 7 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Ancova dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran wimba dengan pendekatan induktif terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik pada materi jaringan tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Pada penelitian ini ditemukan terdapat peningkatan aspek kognitif hasil belajar terutama pada jenjang mengingat. Terdapat peningkatan berpikir kreatif terutama pada indikator vividness. Kata Kunci : Berpikir kreatif, hasil belajar, jaringan tumbuhan, wimba

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 21 Jan 2022 07:37
Last Modified: 21 Jan 2022 07:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4114

Actions (login required)

View Item View Item