PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LECTORA INSPIRE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

WULANDARI, WILLY (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LECTORA INSPIRE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER WILLY.pdf

Download (57kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHA1.pdf

Download (15kB)
[img] Text
1.ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
01 BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
02 BAB II.pdf

Download (759kB)
[img] Text
03 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
04 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
05 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)

Abstract

ABSTRAK WILLY WULANDARI, 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Lectora Inspire Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Sub Konsep Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran Lectora Inspire terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik di kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya pada sub konsep sistem pencernaan makanan pada manusia. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2018 sampai bulan Januari 2020. Metode penelitian menggunakan true experiment dengan populasi seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 5 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 163 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa angket motivasi belajar berjumlah 29 pernyataan dan tes hasil belajar berjumlah 31 soal berbentuk pilihan ganda pada konsep sistem ekskresi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA (Analyze of Covariance) dengan probabilitas atau taraf signifikansi sebesar α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran Lectora Inspire terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada sub konsep sistem pencernaan makanan pada manusia di kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya serta ada hubungan antara motivasi dan hasil belajar Kata kunci: media pembelajaran lectora inspire, motivasi belajar, hasil belajar, sistem pencernaan makanan pada manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 21 Jan 2022 07:37
Last Modified: 21 Jan 2022 07:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4109

Actions (login required)

View Item View Item