Anggraeni, Rena (2020) PENDAMPINGAN ORANG TUA PADA ANAK PENGGUNA GAWAI (Studi di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Sejenis POS PAUD Nurul Huda Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.COVER.pdf Download (147kB) |
|
Text
2.Lembar Pengesahan.pdf Download (8MB) |
|
Text
4.Abstrak.pdf Download (186kB) |
|
Text
6.Daftar Isi.pdf Download (16kB) |
|
Text
2.Bab 1.pdf Download (389kB) |
|
Text
3.bab 2.pdf Download (468kB) |
|
Text
4.Bab 3.pdf Download (354kB) |
|
Text
5.bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
|
Text
6.bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (39kB) |
Abstract
ABSTRAK RENA ANGGRAENI. 2020. Pendampingan orang tua pengguna gawai (Studi di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Sejenis POS PAUD Nurul Huda Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Masyarakat. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini dilatar belakangi cara pendampingan orang tua kepada anak pengguna gawai dan dampak program pendampingan terus menerus oleh orang tua pada anak pengguna gawai di satuan pendidikan anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk memahami peran orangtua dalam mendampingi penggunaan gawai pada anak prasekolah.Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif fenomenologi deskriptif, sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi.Subjek Penelitian adalah orang tua yang terlibat dalam pendampingan anak pengguna gawai.Teori yang mendasari penelitian Prasetyo(2018), pendampingan orang tua dalam proses belajar anak adalah upaya orang tua untuk menemani, memberikan bantuan dalam mengatasi masalah anak dalam belajar, memberikan dorongan, motivasi, dukungan, pengawasan, dan memberikan fasilitas pada anak agar semangat dalam belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orangtua dalam mendampingi penggunaan gawai pada anak prasekolah memiliki perbedaan antara peran ayah dan peran ibu. Faktor pendukung peran orangtua yaitu pengetahuan ayah dan ibu mengenai dampak penggunaan gawai bagi anak prasekolah. Faktor penghambat peran orangtua yaitu berasal dari kendala ayah dan kendala ibu. Kendala ayah lebih kepada keterbatasan waktu untuk terlibat bersama anak, sedangkan kendala ibu lebih kepada perilaku temper tantrum pada anak dan rendahnya pendidikan ibu.Agar pendampingan orang tua terhadap anak pengguna gawai dapat maksimal maka orang tua harus melakukan beberapa tahapan-tahapan yang dapat meminimalisir ketergantungan anak terhadap gawai dan dapat memaksimalkan manfaat dari gawai. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa orang tua sangat berperan penting mendampingi anak ketika menggunakan gawai. Kata kunci : Gawai, Pendampingan, Peran, Anak
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 01:10 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 01:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4107 |
Actions (login required)
View Item |