FADILLAH, LUTHFI ARIF (2019) MARKETING POLITIK HERI RAFNI KOTARI DALAM PILEG TAHUN 2019 DI KABUPATEN CIAMIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER+SURAT PERNYATAAN.pdf Download (154kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (154kB) |
|
Text
DAFTAR ISI (1).pdf Download (164kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (289kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Download (407kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (514kB) |
|
Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) |
|
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
Abstract
ABSTRAK Sesuai dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ciamis Nomor: 100/PL.01.9-Kpt/3207/KPU-Kab/VII/2019 Tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ciamis Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019, dimana Partai Gerindra menempati urutan kedua dengan memperoleh 7 kursi, dan Heri Rafni Kotari merupakan calon Partai Gerindra sebagai urutan pertama dengan memperoleh 7500 suara dari Daerah Pemilihan 1 Kabupaten Ciamis. Dengan terpilihnya kembali Heri Rafni Kotari pada Pemilu Legislatif Tahun 2019, penulis menduga hal ini dikarenakan oleh marketing politik yang dijalankan oleh tim suksesnya, serta adanya konstribusi aktivitas relawan yang sangat aktif dalam mendukungnya dengan turut serta mensosialisasikan visi misinya ke pemilih. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, karena digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan studi lapangan melalui wawancara dengan narasumber yang terkait dengan marketing politik Heri Rafni Kotari dalam Pemilu Calon Legislatif Tahun 2019. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data bahwa kemenangan HRK dalam Pileg Kabupaten Ciamis Tahun 2019, tak lepas dari marketing yang dijalankan, antara lain karena sosoknya yang sudah dikenal di masayarakat sebagai pelatih PSGC yang sukses dengan ikut serta dalam Liga 2 Indonesia, sehingga segmentasinya mengarah ke komunitas sepakbola yang ada di Kabupaten Ciamis. lebih dominan pada push marketing dengan berusaha mendapatkan dukungan melalui stimulan yang diberikan kepada pemilih. Masyarakat diberikan dorongan untuk pergi ke bilik suara dan mencoblos paslon HRK yang selalu mensosialisasikan sejumlah alasan yang rasional maupun emosional kepada pemilih untuk bisa memotivasi mereka agar tergerak dan bersedia mendukung HRK, dengan mengeksploitasi keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai oleh HRK selama menjabat anggota DPRD Kabupaten Ciamis periode 2014-2018, dan sebagai pelatih PSGC yang sukses, disertai dengan penawaran program-program baru yang populis dan up to date sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kabupaten Ciamis. Kata Kunci: Marketing Politik, Pemilihan Legislatif, Kabupaten Ciamis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 03:42 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 03:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4105 |
Actions (login required)
View Item |