KERAGAAN PEMASARAN BERAS HITAM

RUFAIDAH DJASRI, ANNISA (2018) KERAGAAN PEMASARAN BERAS HITAM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER SKRIPSI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
3 ABSTRAK.pdf

Download (273kB)
[img] Text
4 KATA PENGANTAR.pdf

Download (260kB)
[img] Text
5 DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB)
[img] Text
6 BAB 1 FIX.pdf

Download (251kB)
[img] Text
7 BAB 2 FIX.pdf

Download (221kB)
[img] Text
8 BAB 3 FIX.pdf

Download (313kB)
[img] Text
9 BAB 4 FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
10 BAB 5 FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
11 BAB 6 FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) saluran pemasaran dan fungsi lembaga pemasaran beras hitam 2) mengetahui besarnya biaya dan margin pemasaran, keuntungan pemasaran yang diperoleh masing-masing lembaga pemasaran beras hitam dan mengetahhui besarnya yang di peroleh masing-masing lembaga pemasaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus. Penentuan lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) pada Kelompok Tani Sumber Usaha di Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya. Hasil penelitian yaitu 1) Terdapat 4 saluran pemasaran beras hitam, yaitu: Saluran 0 : Petani – Konsumen Akhir. Saluran 1 : Petani – Pedagang Pengumpul – Konsumen Akhir. Saluran 2 : Petani – Pedagang Pengumpul – Pengecer– Konsumen Akhir dan saluran 3 : Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir. Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pemasaran adalah fungsi penjualan, fungsi pengangkutan, fungsi penyimpanan, fungsi pengolahan, fungsi pembiayaan, fungsi penanggungan resiko, dan fungsi informasi pasar. 2) Margin pemasaran yang paling besar diterima lembaga pemasaran yaitu pada pedagang Pengecer pada saluran 1 sebesar Rp 50.000. Sedangkan yang terkecil diterima oleh pedagang Pengumpul sebesar Rp.8.000. Besarnya keuntungan yang diterima masing-masing lembaga pemasaran yaitu pada pedagang Pengumpul di saluran satu sebesar Rp 6.900, pada saluran dua sebesar Rp. 29.135 dan pada saluran tiga sebesar Rp. 29.368, pada pedagang besar di saluran tiga sebesar Rp. 19.535, sedangkan pengecer di saluran dua sebesar Rp 49.000 dan pada saluran tiga sebesar Rp. 29.000. 3) atau bagian harga yang dibayarkan konsumen yang diterima oleh petani sebesar 100 persen pada saluran nol, pada saluran satu petani memperoleh sebesar 68 persen, dan pada saluran dua dan saluran tiga sebesar 15,45 persen. Kata kunci : Saluran Pemasaran, Farmer Share, Beras Hitam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 25 Jul 2019 07:20
Last Modified: 13 Aug 2019 03:59
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/41

Actions (login required)

View Item View Item