MELIYANI, MELIYANI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X MIA MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (46kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (187kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) |
|
Text
10. SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Meliyani, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Keanekaragaman Hayati (Studi Eksperimen di Kelas X MIA MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik Kelas X MIA MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya pada konsep Keanekaragaman Hayati. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan November 2019 di MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 7 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada konsep Keanekaragaman Hayati. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji Ancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik Kelas X MIA MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya pada konsep Keanekaragaman Hayati. Kata kunci: Discovery Learning, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, konsep Keanekaragaman Hayati
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 07:08 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 07:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4087 |
Actions (login required)
View Item |