“PERAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI PADA ANAK USIA DINI” (Studi di PAUD Amanah Padjadjaran Kota Tasikmalaya)

WIJAYANTI, FENI (2020) “PERAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI PADA ANAK USIA DINI” (Studi di PAUD Amanah Padjadjaran Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER &LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (539kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (257kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf

Download (301kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf

Download (243kB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)

Abstract

ABSTRAK FENI WIJAYANTI. 2020. Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini (Studi di Paud Amanah Padjadjaran Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Masyarakat. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas siliwangi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran orag tua dalam minat budaya literasi sangat besar pengaruhnya bagi pengembangan anak usia dini. Rumusan masalahnya adalah pengembangan budaya literasi pada anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini juga adalah untuk memahami peran oran tua dalam menumbuhkan minat budaya literasi pada anak usia dini. Kriteria responden dalam penelitian ini adalah 8 orang tua Paud Amanah Padjadjaran (Ibu Pekerja dan Ibu Rumah Tangga). Anak yang bersekolah di Paud Amanah Padjadjaran Kota Tasikmalaya, yang tinggal dengan orang tuanya. Metode penelitian ini adalah kualitatif fenomenologi. Dalam pengumpulan data peneliti ini menggunakan Wawancara. Landasan teorinya ialah tentang keterlibatan orang tua dalam perkembangan literasi anak usia dini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan orang tua memiliki peran untuk menumbuhkan minat budaya literasi pada anak usia dini. Ibu yang berprofesi sebagai ibu pekerja berperan mendampingi dan menunggu anak belajar serta membantu proses pemilihan media belajar. simpulannya untuk ibu yang berpropesi sebagai ibu rumah tangga mengajari dan mengulang materi pelajaran di rumah, membacakan buku cerita dan menyeimbangkan materi belajar antara dirumah dan di sekolah. Faktor pendukung orang tua dalam menumbuhkan minat budaya literasi pada aak usia dini yang meliputi faktor kematangan usia untuk menerima kemampuan anak, metode dan media yang digunakan serta fasilitas penunjang kegiatan budaya literasi. Faktor penghambat peran orang tua dalam menumbuhkan minat budaya literasi anak usia dini yaitu berasal dari kendala ibu dan kendala anak. Kata Kunci : Peran, Pengembangan, Budaya, Literasi, Anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Jan 2022 01:17
Last Modified: 17 Jan 2022 01:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4050

Actions (login required)

View Item View Item