PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK ( Studi Anak Asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Amanah Kota Tasikmalaya )

AMINATUSSA’DIYAH, EULIS (2020) PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK ( Studi Anak Asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Amanah Kota Tasikmalaya ). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER & LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (369kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (106kB)
[img] Text
3). BAB 2.pdf

Download (138kB)
[img] Text
4). BAB 3.pdf

Download (485kB)
[img] Text
5). BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img] Text
6). BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
7). DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

Abstrak EULIS AMINATUSSA’DIYAH. 2020. Pengaruh Pola Asuh Demokratis Terhadap Perilaku Sosial Anak (Studi Anak Asuh di Lembaga Kesejahteraan Anak (LKSA) Amanah Kota Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Masyarakat. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh pola asuh demokratis terhadap perilaku sosial anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pola asuh demokratis orang tua asuh terhadap perilaku sosial anak asuh di lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA) Amanah Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis hubungan korelasional. Populasi dari penelitian ini sebanyak 56 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sample, sebanyak 20 orang di rentang usia 15-18 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan rumus product moment untuk menganalisis hasil dari angket. Teori dasar penelitian adalah teori Sugihartono(2012:31) pola asuh demokratis bercirikan bahwa orang tua melatih anak untuk bertanggung jawab, melatih anak untuk menentukan pilihannya sendiri dan terjadi komunikasi dua arah dan teori perilaku sosial anak menggunakan teori Hurlock(2003:261) menyatakan bahwa perilaku sosial menunjukkan kemampuan untuk menjadi orang yang bermasyarakat, yang pada dasarnya sebagai respon terhadap apa yang dianggap dapat diterima dan tidak diterima oleh kelompok sebaya seseorang. dari hasil penelitian menunjukan bahwa r hitung korelasi product moment lebih besar dari r tabel (0,5125>0,468) artinya bahwa ada pengaruh yang positif antara pola asuh demokratis dengan perilaku sosial anak didukung dengan tabel koefisien korelasi yang hasilnya menunjukan pengaruhnya cukup baik terhadap perilaku sosial anak yaitu 26,27% terdapat pada tabel interprestasi r product moment pada rentang nilai 0,40-0,599. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pola asuh demokratis terhadap perilaku sosial anak Kata Kunci: Demokratis, Perilaku, Sosial, Anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 04 Jan 2022 03:56
Last Modified: 04 Jan 2022 03:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3840

Actions (login required)

View Item View Item