EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP BRYOPHYTA DAN PTERIDOPHYTA (Studi Eksperimen di Kelas X MIA SMA IT Riyadlussholihin Sukaratu, Tahun Pelajaran 2019/2020)

MERIYANA, RENI (2020) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP BRYOPHYTA DAN PTERIDOPHYTA (Studi Eksperimen di Kelas X MIA SMA IT Riyadlussholihin Sukaratu, Tahun Pelajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Skripsi Reni Meriyana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas X MIA SMA IT Riyadlussholihin Sukaratu Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas X sebanyak 2 kelas. Sampel yang diambil dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh peserta didik kelas X MIA 1 sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berpikir kritis peserta didik pada sub konsep bryophyta dan pteridophyta, dengan bentuk soal berupa uraian sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh secara efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: Efektivitas; Discovery Learning; Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Jan 2022 07:20
Last Modified: 03 Jan 2022 07:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3838

Actions (login required)

View Item View Item