INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA SEBAGAI PENDORONG MINAT BELAJAR (Studi Pada Warga Belajar Kesetaraan Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Gema Kota Tasikmalaya)

Alviani, Sri (2020) INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA SEBAGAI PENDORONG MINAT BELAJAR (Studi Pada Warga Belajar Kesetaraan Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Gema Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (211kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)

Abstract

ABSTRAK SRI ALVIANI. 2020. INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA SEBAGAI PENDORONG MINAT BELAJAR (STUDI PADA WARGA BELAJAR KESETARAAN PAKET C DI PKBM GEMA KOTA TASIKMALAYA). Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial teman sebaya mampu meningkatkan minat belajar pada warga belajar Kesetaraan Paket C di PKBM Gema Kota Tasikmalaya. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitiatif dengan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini adalah non-probability volunteer snowball sampling. Subjek yang penelitian ini yaitu Warga belajar Paket C dengan jumlah 5 orang. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam suatu interaksi sosial teman sebaya terdapat beberapa faktor yang mendorong minat belajar pada warga belajar Kesetaraan Paket C di PKBM Gema Kota Tasikmalaya yakni kerjasama, persaingan, pertentangan, persesuaian, dan perpaduan. Berdasarkan dari 5 indikator tersebut 3 diantaranya sangat mendorong adanya minat belajar pada warga belajar Kesetarsaan Paket C yaitu dari segi kerjasama, persaingan, serta persesuaian. Saran yang diajukan dalam peneliatian ini adalah kepada tutor untuk lebih meningkatkan lagi dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk warga belajar harus lebih percaya diri dalam megungkapkan pendapat dan meningkatkan persaingan, serta untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengambil atau menambah variabel lainnya agar lebih akurat dan optimal mengenai faktor yang mendorong adanya minat belajar pada warga belajar. Kata Kunci: Interaksi, Minat, Warga Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 30 Dec 2021 07:24
Last Modified: 30 Dec 2021 07:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3804

Actions (login required)

View Item View Item