PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA: (Quasi Ekperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Pokok Kerajaan Islam di Indonesia di Kelas X IPS 1 SMAN 8 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2019/ 2020)

NURJANAH, ERNA (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA: (Quasi Ekperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Pokok Kerajaan Islam di Indonesia di Kelas X IPS 1 SMAN 8 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2019/ 2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 cover-dikonversi.pdf

Download (46kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (359kB)
[img] Text
5 ABSTRAK indonesia.pdf

Download (184kB)
[img] Text
9 DAFTAR ISI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
12 (BAB 1).pdf

Download (414kB)
[img] Text
13 (BAB 2).pdf

Download (340kB)
[img] Text
14 (BAB 3) (1).pdf

Download (562kB)
[img] Text
15 (BAB 4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
16 (BAB 5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
17 DAFTAR SUMBER.pdf

Download (188kB)

Abstract

RAK ERNA NURJANAH. 2020. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA: Quasi Ekperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Pokok Kerajaan Islam di Indonesia di Kelas X IPS 1 SMAN 8 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2019/ 2020. Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa. Video berjudul Pengaruh Penggunaan Media Video Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Materi Pokok Kerajaan Islam Di Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/ 2020 digunakan pada mata pelajaran Sejarah Indonesia dengan materi Sejarah Kerajaan Islam di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 8 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2019/ 2020. Penelitian ini merupakan penelitian pendidikan dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakannya adalah quasi eksperimen, sehingga membutuhkan sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara purposif dengan dasar perolehan hasil belajar sejarah Indonesia yang rendah sesuai dari hasil nilai rata-rata kelas yang didapatkan, sehingga didapatkan Kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas X IPS 4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes (pretes dan postes) dan observasi yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi non-partisipan. Dalam melakukan observasi, peneliti mengamati proses pembelajaran kelas, sehingga instrumen yang digunakannya berupa soal dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis statistik inferensial (parametris). Temuan di lapangan mengindikasikan, bahwa rendahnya hasil belajar siswa dalam bentuk nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di kelas kontrol kelas X IPS 4 dan eksperimen kelas X IPS 1 disebabkan salah satunya oleh ketertarikan siswa yang rendah terhadap pelajaran Serajarah Indonesia. Upaya yang dilakukan untuk menarik perhatian siswa dalam pembalajaran adalah menggunakan media pembelajaran audio�visual karena media tersebut dapat menarik perhatian siswa, siswa dapat melihat pembelajaran sejarah berupa video secara langsung dan tidak monoton hanya mendengarkan saja seperti metode ceramah, sehingga membuat siswa tertarik dan bersemangat dalam pembelajaran sejarah. Video berjudul Sejarah Kerajaan-Kerajaan di Indonesia dipilih sebagai media pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran Sejarah Indonesia materi Kerajaan Islam di Nusantara di kelas eksperimen, yaitu kelas X IPS 1. Hasil belajar kelas tersebut menjadi meningkat, yaitu dari 68,47 menjadi 76,89 setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media audio visual video. Kata Kunci : Media Video, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:28
Last Modified: 29 Dec 2021 07:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3767

Actions (login required)

View Item View Item