PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR (Survei pada Peserta Didik Kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

SELYANTI, SARI (2021) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR (Survei pada Peserta Didik Kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (922kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (264kB)

Abstract

ABSTRAK Sari Selyanti. (2021). Skripsi. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar (Survei Pada Peserta Didik Kelas Xl IPS Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021) Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Drs. Suhendra, M.Pd.dan Rendra Gumilar, M.Pd. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa dalam pembelajaran. Ada dua faktor yang memengaruhi keberhasilan belajar siswa, yaitu faktor internal dan eksternal. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar yang masih rendah masih banyak peserta didik yang nilainya dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021 berjumlah 169 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis survei dengan desain yaitu survei eksplanatori. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh sehingga seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel penelitian, metode pengumpulan data menggunakan angket dan teknis analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji R 2 . Hasil pengolahan data uji t menunjukan bahwa X1 berpengaruh terhadap Y dengan nilai signifikansi 0,036 dan X2 berpengaruh terhadap Y dengan nilai signifikansi 0,000. Hal ini sesuai dengan kriteria pengujian menunjukan bahwa signifikan t < 0,05 artinya variabel status sosial ekonomi orang tua dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Dapat dilihat juga berdasarkan hasil uji koefisien determinan simultan sebesar 57,4%. Uji koefisien determinan secara parsial, pengaruh variabel status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar, nilai koefisiennya sebesar -0,01% artinya ketika status sosial ekonomi orang tua meningkat maka akan berpengaruh negatif atau menurun terhadap hasil belajar dikarenakan oleh berbagai sebab dan pengaruh variabel minat belajar terhadap hasil belajar, nilai koefisiennya sebesar 5,76% artinya ketika minat belajar meningkat maka hasil belajar peserta didik meningkat. Kata Kunci : Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Minat Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Dec 2021 04:30
Last Modified: 27 Dec 2021 04:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3702

Actions (login required)

View Item View Item