PENGGUNAAN BAHAN AJAR PERPINDAHAN PUSAT PEMERINTAHAN KABUPATEN LIMBANGAN KE KABUPATEN GARUT TAHUN 1813 SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH WAJIB DI KELAS XI SMAN 14 GARUT

Hamzah, Dendi (2019) PENGGUNAAN BAHAN AJAR PERPINDAHAN PUSAT PEMERINTAHAN KABUPATEN LIMBANGAN KE KABUPATEN GARUT TAHUN 1813 SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH WAJIB DI KELAS XI SMAN 14 GARUT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI FULL PAPER DENDI HAMZAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dendi Hamzah.152171057. 2019. Penggunaan Bahan ajar Perpindahan Pusat Pemerintahan Kabupaten Limbangan ke Kabupaten Garut Tahun 1813 sebagai Sumber Belajar dalam Mata Pelajaran Sejarah Wajib di kelas XI SMA Negeri 14 Garut. Jurusan pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengetahuan siswa dalam mempelajari sejarah lokal dan pentingnya siswa untuk mengetahui mengenai sejarah perpindahan pusat pemerintahan Kabupaten Limbangan ke Kabupaten Garut tahun 1813. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data, peneliti mengunakan wawancara dan observasi. Data yang diperoleh dilapangan dilakukan analisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik triangulasi kualitatif Hasil dari penelitian ini mendapatkan informasi bahwa : pertama Pelaksanaan Proses Penggunan bahan ajar di SMA Negeri 14 Garut ,guru di sekolah hanya menyampaikan materi sejarah nasional dan tidak pernah ada usaha untuk menyampaikaan materi sejarah lokal dan guru sedikit yang telah melakukan pengembangan bahan ajar atau pengunaan bahan ajar, guru terlalu mengandalkan bahan ajar buatan pemerintah yang isi nya tidak ada konten sejarah lokal di dalamnya. Kedua Respon siswa dalam pembelajaran sejarah mengunakan bahan ajar sejarah lokal terlihat sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran sejarah dengan mengunakan bahan ajar sejarah lokal, terlihat dari siswa memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru dan siswa membaca materi yang ada dalam bahan ajar sejarah lokal tersebut. Ketiga hambatan dan kendala dalam mengunakan bahan ajar adalah masalah sumber belajar sejarah lokal itu sendiri dan kemampuan siswa dalam memberikan penilaian (analisis sumber), kedua adanya dilema antara memenuhi tuntutan kurikulum yang alokasi waktunya sangat ketat/terbatas dengan proses pembelajaran, dan ketiga apa yang sudah dicapai melalui penggunan bahan ajar sering tidak sinkron ketika siswa menghadapi ujian yang bersifat nasional, dan sederet kendala lainnya. Kata Kunci: Bahan Ajar, Penggunaan Bahan ajar , Sejarah Lokal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 20 Dec 2021 01:15
Last Modified: 20 Dec 2021 01:15
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3542

Actions (login required)

View Item View Item