RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) PADA MATERI PLANTAE DI SMA NEGERI 1 KOTA TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/2020 (Studi Deskriptif Kualitatif Di Kelas XI MIPA SMAN 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

FEBRIANTI, RAISAFITRI (2020) RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) PADA MATERI PLANTAE DI SMA NEGERI 1 KOTA TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/2020 (Studi Deskriptif Kualitatif Di Kelas XI MIPA SMAN 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Raisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK RAISAFITRI FEBRIANTI. 2020. Respon Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Materi Plantae di SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Respon peserta didik dalam proses pembelajaran merupakan hal yang penting, karena belajar merupakan suatu perubahan tingkah laku peserta didik setelah mendapatkan pengalaman belajarnya. Sehingga dalam proses pembelajaran diperlukan suatu stimulus yang diberikan oleh guru kepada peserta didik dan respon yang diberikan peserta didik setelah melakukan proses pembelajaran. Proses pembelajaran dilakukan dengan berbagai metode dan pendekatan pembelajaran salah satunya yaitu pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Materi Plantae. Sumber data pada penelitian ini adalah peserta didik di kelas XI MIPA 9 SMAN 1 Tasikmalaya dengan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan berupa angket respon peserta didik terhadap pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Hasil penelitian terhadap 30 orang subyek menunjukkan persentase respon peserta didik yang baik. Persentase respon peserta didik terhadap penyampaian materi sebesar 72,4% dengan kategori baik, responpeserta didik terhadap penggunaan JAS sebesar 69,867% dengan kategori baik, respon peserta didik terhadap interaksi selama pembelajaran sebesar 71,6% dengan kategori baik, dan responpeserta didik terhadap kemudahan memahami materi sebesar 75,067% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian maka simpulan pada penelitian ini adalah respon peserta didik terhadap pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) tergolong dalam kategori baik. Kata kunci: Pendekatan Jelajah Alam Sekitar, Plantae, Respon Peserta Didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:39
Last Modified: 17 Dec 2021 03:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3481

Actions (login required)

View Item View Item