CIVIL SOCIETY DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Analisis Rumah Plankton Sebagai Suplemen Kebijakan Negara Atas Pendidikan Non-Formal di Kabupaten Pangandaran)

FITRI, FADILLAH NUR (2020) CIVIL SOCIETY DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Analisis Rumah Plankton Sebagai Suplemen Kebijakan Negara Atas Pendidikan Non-Formal di Kabupaten Pangandaran). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Lembar Pengesahan (1).pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB III (1).pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Kata Pengantar (1).pdf

Download (390kB)

Abstract

ABSTRAK Civil Society atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai masyarakat sipil erat kaitannya dengan masyarakat baik individu atau kelompok yang memiliki suatu gerakan tersendiri untuk menyuarakan pendapat, aspirasi, maupun kritiknya terhadap negara. Yang mana disisi lain juga masyarakat sipil tersebut membantu masyarakat yang lainnya dalam mendapatkan haknya supaya dapat terpenuhi. Sebuah tulisan yang mengkaji tentang Rumah Plankton yang muncul sebagai salah satu pendobrak keterbatasan pendidikan non-formal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Terdapat tiga teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Civil Society, teori Kewarganegaraan, dan konsep Pendidikan Non-Formal. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan studi wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian didapatkan bahwa latar belakang berdirinya Rumah Plankton adalah keresahan terhadap minimnya tempat membaca, dan sarana berekspresi bagi masyarakat Kabupaten Pangandaran. Pemenuhan pendidikan non-formal yang dilakukan Rumah Plankton memberi dampak baik bagi masyarakat Kabupaten Pangandaran. Rumah Plankton juga berperan sebagai civil society yang menjadi sebuah jembatan antara masyarakat dan pemerintah. Sehingga komunikasi antar keduanya terjaga dengan baik. Disisi lain Rumah Plankton juga menjadi sebuah suplemen dari kebijakan negara. Kata kunci: Civil Society, Kewarganegaraan, Pendidikan Non-Formal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:38
Last Modified: 17 Dec 2021 03:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3467

Actions (login required)

View Item View Item