Luthfiatul Hazmi, Fildzah (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN CERITA PENDEK DAN MENGONSTRUKSI SEBUAH CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMK Terpadu Al-Ikhwan Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (513kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (474kB) |
|
Text
3. PERMYATAAN.pdf Download (575kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (477kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (483kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (624kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (800kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (618kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (477kB) |
Abstract
ABSTRAK Fildzah Luthfiatul Hazmi. 2020. Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur-unsur Pembangun Cerita Pendek dan Menggonstruksi Sebuah Cerita Pendek dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMK Terpadu Al-Ikhwan Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Mengacu pada Silabus bahasa Indonesia tahun 2016, terdapat satu pasang Kompetensi Dasar (KD) yang harus dikuasi peserta didik kelas XI SMA, yaitu menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dan mengosntruksi sebuah cerita pendek. Akan tetapi dalam kenyataanya di kelas XI SMK Terpadu Al-Ikhwan Kota Tasikmalaya belum semua peserta didik mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Dalam mengatasi permasalahan tersebut, penulis melaksanakan penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat berpengaruh secara kesignifikankah model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dan mengonstruksi sebuah cerita pendek pada peserta didik kelas XI SMK Terpadu Al-Ikhwan Kota Tasikmalaya. Agar mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan menerapkan teknik observasi, wawancara, serta tes. Penelitian yang penulis lakukan menggunakan dua siklus melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan tindakan, mengobservasi dan mengevaluasi (proses dan hasil tindakan), merefleksi, serta seterusnya sampai tercapai kualitas maupun hasil belajar yang diharapkan. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus pertama dalam aspek pengetahuan sebanyak 15 orang (71%) mencapai KKM dan sebanyak 6 orang (39%) belum mampu mencapai KKM. Kemudian pada aspek keterampilan sebanyak 13 orang (62%) sudah mencapai KKM dan sebanyak 8 orang (38%) belum mencapai KKM. Siklus kedua terjadi peningkatan pada aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yaitu sebanyak 21 orang (100%) peserta didik telah mencapai nilai KKM 75 yang telah ditentukan. Sesuai dengan data yang telah diperoleh bisa disimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun dan mengonstruksi sebuah cerita pendek pada peserta didik kelas XI SMK Terpadu Al-Ikhwan Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 03:34 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 03:34 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3425 |
Actions (login required)
View Item |