GAMBARAN MANAJEMEN PROGRAM PELAYANAN KB MKJP (METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG) TERPUSAT NON JKN DI KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2020

Astrila, Dila (2021) GAMBARAN MANAJEMEN PROGRAM PELAYANAN KB MKJP (METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG) TERPUSAT NON JKN DI KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI_DILA ASTRILA_164101094.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS SILIWANGI TASIKMALAYA PEMINATAN ADMINISTRASI KEBIJAKAN KESEHATAN 2021 ABSTRAK DILA ASTRILA GAMBARAN MANAJEMEN PROGRAM PELAYANAN KB MKJP TERPUSAT NON JKN DI KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2020 Pelayanan KB MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) Terpusat Non JKN merupakan salah satu program KB untuk mengantisipasi tingginya jumlah kepadatan penduduk serta Angka Kematian Ibu di Indonesia.“ KB MKJP terdiri dari IUD, Implan, MOW dan MOP. Pada Tahun 2019 didapatkan data Peserta KB Baru dari Keluarga Pra KS dan KS I masih rendah sebanyak 2562 orang atau 13,68% dari target PPM Kota Tasikmalaya sebanyak 18.725 orang. (Laporan Bidang Pengendalian Penduduk, Kota Tasikmalaya). Pada Tahun 2020 di masa pandemi covid target sasaran yang awalnya sebanyak 1300 akseptor dibatasi atau dikurangi menjadi 900 akseptor, tetapi hanya 673 orang akseptor yang terlayani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran manajemen melalui man, money, material, method, machine, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan serta evaluasi program Pelayanan KB MKJP Terpusat Non JKN di Kota Tasikmalaya Tahun 2020. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui teknik wawancara mendalam. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 10 responden. Hasil Penelitian: (1) man terdiri dari Bidang Jaminan Pelayanan dan pembinaan kesertaan ber-KB, PLKB, PPKBD, Sub PPKBD, petugas steril dan Bidan (sebagai partnership) (2) money anggaran tidak mencukupi dikarenakan masih ada barang/peralatan yang dibutuhkan tidak dianggarkan (3) material sarana dan prasarana terdiri dari tempat pelayanan di faskes dan angkutan mobil dari dinas untuk mengantar jemput akseptor (4) method yang paling utama adalah KIE (5) machine terdiri dari Alat Kontrasepsi: IUD Kit dan Implan Kit Alat Medis: Spekulum, spenakulum, sondage, lampu sorot, gunting, alat sterilitator, sarung tangan, obgyn bed. (6) perencanaan dilaksanaan dalam kegiatan staff meeting untuk menyusun beberapa kegiatan yang efektif dan efisien untuk mencapai target (7) Kepala Bidang Jaminan Pelayanan dan pembinaan kesertaan ber-KB bersama staff nya selaku yang bertanggungjawab atas program/kegiatan, mengkoordinir PLKB, PPKBD dan Sub PPKBD. (8) pelaksanaan program Pelayanan KB MKJP dimulai dengan KIE (penyuluhan) sosialisasi oleh PLKB untuk menggunakan alokon MKJP, PUS akan mendapat konseling awal dan pilihan untuk menuju ke tempat pelayanan KB atau menunggu pelayanan KB. (9) seluruh kegiatan di monitoring langsung oleh DPPKB Kota Tasikmalaya dan apabila ada momen-momen hari besar ada dari pihak BKKBN Pusat atau Provinsi dengan melihat beberapa laporan yang dibuat serta hasil pencapaian setiap bulan. (10) evaluasi rutin dilaksanakan saat melaksanakan kegiatan staff meeting demi tercapainya keluarga kecil, bahagia dan sejahtera. Saran peneliti diharapkan manajemen pelayanan KB MKJP Terpusat Non JKN khususnya pada pelaksanaannya sesuai dengan perencanaan serta tujuan program yang hendak dicapai guna meningkatkan kesertaan ber-KB pada PUS Pra KS dan KS I Non JKN. Kata Kunci : Program Pelayanan KB, MKJP, Manajemen, Plan Of Action

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Dec 2021 02:33
Last Modified: 17 Dec 2021 02:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3383

Actions (login required)

View Item View Item