ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (Penelitian Terhadap Kelas IX SMP Riyadlut Tauhid)

SUKARDI, IING (2021) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (Penelitian Terhadap Kelas IX SMP Riyadlut Tauhid). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
IING SUKARDI, S.Pd..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana kesalahan dan faktor apa saja yang menyebabkan peserta didik mengalami kesalaham dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian diambil tiga orang peserta didik dengan tujuan tertentu (purposive sampling) dari kelas IX A SMP Riyadlut Tauhid Tasikmalaya. Waktu penelitian pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data instrument tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesalahan yang dialami pesera didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis materi sistem persamaan linear dua variabel yaitu tidak memahami maksud dan tujuan soal, tidak menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan secara lengkap, tidak memisalkan variabel yang digunakan, tidak menuliskan rencana pemecahan masalah, kesalahan menggunakan data, kesalahan saat proses menghitung untuk mecari nilai variabel, kesalahan teknis, tidak memeriksa kembali hasil dari perhitungan yang dilakukan, dan kesalahan penarikan kesimpulan. Faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesalahan adalah tidak memahami soal pemecahan masalah yang diberikan karena belum pernah menjumpai soal seperti yang diberikan, tidak terbiasa mengerjakan soal berbentuk cerita saat pembelajaran dikelas, tidak dapat menggunakan data-data yang diketahui pada soal untuk memecahkan masalah, tidak memeriksa kembali hasil penghitungan yang telah dikerjakan, ketidak telitian saat menbaca soal, kesalahan saat menentukan nilai dari suatu variabel yang ditanyakan sehingga menyebabkan kesalahan pada proses penentuan nilai variabel yang lainnya, tidak dapat melakukan operasi bilangan pecahan untuk mencari nilai variabel, kesalahan mendasar yang menyebabkan kesalahan beruntun pada proses-proses selanjutnya Kata kunci: kesalahan, soal pemecahan masalah, persamaan linear dua variabel

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 07 Dec 2021 02:30
Last Modified: 07 Dec 2021 02:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3248

Actions (login required)

View Item View Item