PIKA PRISILA, IIS (2020) KORELASI KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF TERHADAP SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (Studi Korelasi di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Talaga Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Iis Pika Prisila_Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK IIS PIKA PRISILA. 2020. KORELASI KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF TERHADAP SELF CONFIDENCE PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 TALAGA. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi kemampuan berpikir reflektif terhadap self confidence peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Talaga. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi yaitu seluruh kelas X MIPA sebanyak 252 peserta didik. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dan kemudian kelas X MIPA 6 dipilih sebagai sampel penelitian ini. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes untuk kemampuan berpikir reflektif dan kuisioner untuk self confidence. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi korelasi bivariate. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi kemampuan berpikir reflektif terhadap self confidence pada materi pencemaran lingkungan (R= 0.633). Pada penelitian ini didapatkan persamaan regresi Ỳ = 60.66 + 0.28x, dimana terdapat hubungan yang positif antara kemampuan berpikir reflektif terhadap self confidence. Kata Kunci: Korelasi; Kemampuan Berpikir Reflektif; Self Confidence
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 07:14 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 07:14 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3242 |
Actions (login required)
View Item |