PEMASARAN SAWI CAISIM (Suatu Kasus Pemasaran Sawi Caisim dari Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut ke Pasar Induk Cibitung, Pasar Tambun dan Pasar Cikarang Kabupaten Bekasi)

AISYAH, SALMA (2021) PEMASARAN SAWI CAISIM (Suatu Kasus Pemasaran Sawi Caisim dari Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut ke Pasar Induk Cibitung, Pasar Tambun dan Pasar Cikarang Kabupaten Bekasi). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI SALMA AISYAH 2017 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PEMASARAN SAWI CAISIM (Suatu Kasus Pemasaran Sawi Caisim dari Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut ke Pasar Induk Cibitung, Pasar Tambun dan Pasar Cikarang Kabupaten Bekasi) Oleh SALMA AISYAH 175009050 Pembimbing : Tedi Hartoyo Dedi Djuliansah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Saluran dan fungsi pemasaran (2) Biaya, keuntungan dan margin pemasaran (3) farmer’s share sawi caisim dari Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut ke Pasar Induk Cibitung, Pasar Tambun dan Pasar Cikarang Bekasi. Metode yang digunakan adalah metode survey. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Daerah penelitian ditentukan secara purposive yaitu di Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut, Pasar Induk Cibitung, Pasar Tambun dan Pasar Cikarang Bekasi dengan penelitian dilakukan dari Desember 2020 - Juni 2021. Responden ditentukan dengan metode sampling insidental dengan sampel pedagang pengumpul sebanyak 6 orang, pedagang besar 3 orang dan pedagang pengecer 14 orang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran sawi caisim dari Kecamatan Pasirwagi, yaitu ; (1) Produsen → Pedagang Pengumpul Desa → Pedagang Pengumpul Kecamatan → Pedagang Besar → Pedagang Pengecer → Konsumen (2) Produsen → Pedagang Pengumpul Kecamatan → Pedagang Besar → Pedagang Pengecer → Konsumen (3) Produsen → Pedagang Pengumpul Kecamatan → Pedagang Pengecer → Konsumen. Pedagang pengumpul desa dan kecamatan melaksanakan dua fungsi pertukaran, satu fungsi fisik kecuali pada saluran III yaitu melaksanakan dua fungsi dan tiga fungsi pembiayaan. Pedagang besar dan pengecer melaksanakan semua fungsi pertukaran, dua fungsi fisik dan tiga fungsi pembiayaan. Biaya total saluran I Rp 2.523,4/kg, saluran II Rp. 2.395,5/kg dan saluran III Rp 1.914,5/kg. Keuntungan total saluran I Rp 1.768,3/kg, saluran II Rp 1.595,0/kg dan saluran III Rp 2.085,1/kg. Margin saluran I Rp. 4.300/kg, saluran II Rp. 3.990,5 dan saluran II Rp. 4.000/kg. Farmer share saluran I dan II sama yaitu 42,85 persen, sedangkan untuk saluran I yaitu 38,57 persen. Kata Kunci : Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran dan Sawi Caisim

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 25 Nov 2021 12:45
Last Modified: 25 Nov 2021 12:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2997

Actions (login required)

View Item View Item