CHALLENGES AND SOLUTIONS IN CLASSROOM MANAGEMENT DURING INTERNATIONAL TEACHING PRACTICUM PROGRAM: NARRATIVE INQUIRY

BENANDRA SARI, CHOIRUNNISA (2021) CHALLENGES AND SOLUTIONS IN CLASSROOM MANAGEMENT DURING INTERNATIONAL TEACHING PRACTICUM PROGRAM: NARRATIVE INQUIRY. Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

[img] Text
SKRIPSI CHOIRUNNISA BANANDRA SARI (162122027).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK CHOIRUNNISA BENANDRA SARI.2021, “Challenges and Solutions in Classroom Management during International Teaching Practicum Program: Narrative Inquiry”. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya Banyak penelitian yang telah mendokumentasikan tantangan selama mengajar bahasa Inggris yang dilakukan oleh guru dan calon guru selama praktikum mengajar dalam konteks ESL dan EFL. Namun, hanya sedikit penelitian yang melaporkan tantangan dan solusi dalam manajemen kelas oleh calon guru selama mengajar dalam konteks praktikum mengajar international. Praktikum mengajar international memberikan peluang bagi para calon guru untuk merefleksikan sesuatu di luar kepentingan pribadi mereka. Dengan demikian, penelitian ini memfokuskan dalam aspek-aspek tantangan yang dihadapi serta solusi yang diberikan dalam manajemen kelas oleh seorang calon guru pada praktik mengajarnya selama mengikuti praktikum mengajar international. Metode penelitian menggunakan narrative inquiry. Data dianalisis menggunakan teori dari Baker and Westrup (2000) tentang manajemen kelas. Data penelitian diambil dari jurnal reflektif selama praktik mengajar international di Thailand. Dianalisis menggunakan naratif analisis. Temuan penelitian menunjukan terdapat enam tantangan dan solusi dalam manajemen kelas yang dihadapi calon guru saat mengajar praktikum international yaitu: (1) Kesulitan dalam menyeimbangkan pembicaraan guru dan murid, (2) kesulitan menggunakan instruksi yang jelas, (3) kesulitan bahasa Inggris yang jelas, (4) kesulitan teknik bertanya dan (5) kesulitan mengajar siswa yang memiliki kemampuan beragam. Beberapa solusi yang dilakukan untuk mengatasinya: (1) menggunakan bahasa tubuh, (2) video pembelajaran (3) mempelajari bahasa Thailand (4) mencatat, dan (5) bekerja dalam kelompok. Dengan mengetahui tantangan dan solusi dalam manajemen kelas tersebut calon guru dapat menyelesaikan tantangan dan memberikan solusi dalam proses praktik mengajar bahasa Inggris di kelas secara efektif. Kata Kunci: Tantangan dan Solusi dalam Manajemen Kelas, Calon Guru, Praktikum mengajar international

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 24 Nov 2021 02:40
Last Modified: 24 Nov 2021 02:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2942

Actions (login required)

View Item View Item