AFRILIYANTI, AYU (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI (CERITA FANTASI) YANG DIBACA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING DAN COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Yudhistira Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
AYU AFRILIYANTI_SKRIPSI_UPLOAD.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Ayu Afriliyanti, 2020. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur�unsur dan Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi (Cerita Fantasi) yang Dibaca dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Yudhistira Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII. Kenyataannya masih banyak peserta didik yang belum dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) pada peserta didik kelas VII SMP Yudhistira Bandung tahun ajaran 2019/2020 dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) pada peserta didik kelas VII SMP Yudhistira Bandung tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes pada peserta didik kelas VII SMP Yudhistira Bandung tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua. Pada siklus kesatu dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) peserta didik yang sudah mencapai KKB sebanyak 22 orang (65%), dan yang belum mencapai KKB sebanyak 12 orang (35%), sedangkan pada siklus kedua semua peserta didik (100%) sudah mencapai KKB. Pada siklus kesatu menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) peserta didik yang sudah mencapai KKB sebanyak 27 orang (79%), dan yang belum mencapai KKB sebanyak 7 orang (21%), sedangkan pada siklus kedua semua peserta didik (100%) sudah mencapai KKB. Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini terbukti dan dapat diterima. Artinya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) pada peserta didik kelas VII SMP Yudhistira Bandung tahun ajaran 2019/2020
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 06:47 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 06:47 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2885 |
Actions (login required)
View Item |