PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBMATERI SISTEM INDERA (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

CAHYATI, CHICHI (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBMATERI SISTEM INDERA (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
CHICHI CAHYATI 152154009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Efektifitas dan efisiensi penggunaan media digital perlu disesuaikan dengan proses belajar mengajar di agar dapat mengembangkan cara belajar peserta didik. Model Discovery Learning adalah model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga mampu melatih keterampilan mengolah informasi dari berbagai media dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan literasi digital dan hasil belajar peserta didik pada submateri sistem indera di kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai bulan Agustus 2019. Metode penelitian menggunakan true eksperimental dengan populasi seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya sebanyak 5 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 179 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan literasi digital menggunakan kuesioner sebanyak 23 pernyataan dan tes hasil belajar berbentuk multiple choice pada submateri sistem indera sebanyak 35 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA (Analyze of covarience) dengan probabibilitas atau taraf signifikan sebesar (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan literasi digital dan hasil belajar peserta didik pada submateri sistem indera di kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya. Kata Kunci : Discovery Learning, Literasi Digital, Peserta Didik, Sistem Indera.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Nov 2021 02:34
Last Modified: 06 Nov 2021 02:34
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2799

Actions (login required)

View Item View Item