PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FUN PUZZLE QUEST TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS X.2 MAN 3 KOTA TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2024/2025

Burhani, Hadad Ali (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FUN PUZZLE QUEST TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS X.2 MAN 3 KOTA TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 5. HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 6. ABSTRAK.pdf] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf] Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf] Text
9. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 10 BAB I.pdf] Text
10 BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 11. BAB II.pdf] Text
11. BAB II.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 12. BAB III.pdf] Text
12. BAB III.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 13. BAB IV.pdf] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 14. BAB V.pdf] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 16. LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 17. BIODATA PENULIS.pdf] Text
17. BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Fun Puzzle Quest Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Di Kelas X.2 MAN 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan desain Quasi Eksperimental Non Equivalent Control Group Design yang mencakup kelompok eksperimenta dan kontrol. Teknik sampling pada penelitian ini adalah purposive sampling. Populasi yang diambil pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 3 Kota Tasikmalaya yang berjumlah 80 orang, dan yang akan dijadikan sampel adalah kelas X.1 dan X.2. Sampel dibagi menjadi kelompok Kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol kelas X.1 yang terdiri dari 20 orang peserta didik dan kelompok eksperimen kelas X.2 yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah kuisioner dengan instrumen penelitian berupa dan lembar kuisioner, Adapun Teknik analisis data penelitian ini mencakup uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada kelas X.2 kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pada posttest 72,42, sedangkan pada kelas X.1 kelas control nilai rata rata yang diperoleh 69. Adapun hasil uji hipotesis diperoleh sig.(2-Tailed) 0.001 yaitu < 0.05 menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa Hipotesis pada penlitian ini adalah terdapat pengaruh media pembelajarn fun puzzle quest terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah Indonesia di kelas X.2 MAN 3 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024-2025. Berdasarkan hasil uji N-Gain menunjukan bahwa media Fun Puzzle Quest memberikan peningkatan terhadap keaktifan belajar peserta didik di kelas X.2 Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu sebesar 0,6478 yang mana termasuk dalam kategori sedang.

Kata kunci: Fun Puzzle Quest, Keaktifan Belajar, Pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 15 Dec 2025 04:37
Last Modified: 15 Dec 2025 04:37
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2754

Actions (login required)

View Item
View Item