ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DENGAN TES TWO TIER MULTIPLE CHOICE (Studi Deskriptif Kualitatif di Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

RAHAYU, MEGA SUCIANA (2021) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DENGAN TES TWO TIER MULTIPLE CHOICE (Studi Deskriptif Kualitatif di Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI MEGA SUCIANA RAHAYU (A4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis miskonsepsi peserta didik kelas XI IPA SMAN 10 Tasikmalaya pada konsep sistem pencernaan makanan pada manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 10 Tasikmalaya sebanyak 3 kelas yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3 dengan jumlah keseluruhan 98 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes two tier multiple choice. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa miskonsepsi secara keseluruhan pada konsep sistem pencernaan makanan pada manusia menunjukan persentase sebesar 30,32% dengan kategori rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor penyebab miskonsepsi yang dialami peserta didik kelas XI IPA SMAN 10 Tasikmalaya diantaranya berasal dari kemampuan peserta didik, prakonsepsi yang salah, pemikiran asosiatif dan guru. Kata Kunci : Miskonsepsi, Two Tier Multiple Choice Test, Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Aug 2021 06:34
Last Modified: 31 Aug 2021 06:34
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2689

Actions (login required)

View Item View Item