FADJAR, MUHAMMAD MALIK (2025) INDONESIAN STUDENTS’ STRATEGIES IN REDUCING SPEAKING ANXIETY IN ENGLISH LANGUAGE CLASSROOM: A CASE STUDY. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 COVER.pdf
Download (113kB)
02 APPROVAL SHEET.pdf
Download (679kB)
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (365kB)
04 ABSTRAK.pdf
Download (96kB)
05 PREFACE.pdf
Download (61kB)
06 ACKNOWLEDGMENT.pdf
Download (79kB)
07 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (70kB)
08 LIST OF TABLES.pdf
Download (24kB)
09 LIST OF ENCLOSURES.pdf
Download (56kB)
10 CHAPTER 1.pdf
Download (120kB)
11 CHAPTER 2.pdf
Download (140kB)
12 CHAPTER 3.pdf
Download (129kB)
13 CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (128kB)
14 CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (63kB)
15 REFERENCES.pdf
Download (173kB)
16 ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
17 BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (49kB)
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi metode yang digunakan siswa kelas delapan untuk menenangkan rasa takut mereka selama pelajaran bahasa Inggris. Karena kecemasan akan membuat kesalahan, dihakimi, atau sekadar gagal tampil dengan baik sering kali menghalangi siswa untuk bergabung, rasa takut berbicara menjadi hambatan utama dalam partisipasi di kelas. Beroperasi dalam kerangka studi kasus kualitatif, penelitian ini menggunakan wawancara semi-terstruktur dengan sepuluh siswa sekolah menengah pertama dari sebuah sekolah di Cilacap, Indonesia. Temuan menunjukkan bahwa para siswa menggabungkan pendekatan kognitif, emosional, dan perilaku dalam perjuangan mereka melawan kecemasan saat berbicara bahasa Inggris. Teknik kognitif seperti self-talk dan afirmasi positif memungkinkan para peserta untuk membentuk kembali pikiran-pikiran yang menakutkan dan memantapkan kepercayaan diri mereka sebelum mereka membuka mulut. Metode emosional - visualisasi, pernapasan dalam, dan latihan kesadaran - dapat mengurangi kepanikan dan mengaktifkan respons alami tubuh yang menenangkan. Gerakan perilaku, termasuk latihan rutin dalam situasi berisiko rendah dan keterlibatan aktif dalam diskusi kelompok, secara bertahap melemahkan rasa takut dengan memberikan pemaparan berulang dan umpan balik yang konstruktif. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini memberikan penghargaan kepada siswa sebagai agen dari kemajuan mereka sendiri dan menunjukkan bahwa penggunaan strategi kognitif, emosional, dan perilaku yang seimbang merupakan hal yang sangat penting untuk membangun kepercayaan diri dalam kegiatan berbicara dalam skala yang lebih luas.
Kata kunci: kecemasan berbicara, strategi mengatasi, strategi kognitif, strategi emosional, strategi perilaku
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 08:35 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 08:35 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2618 |
